5 Manfaat Belajar Bahasa Inggris Secara Online [yang Tidak Disadari Sebelumnya]

Wabah Virus Covid-19 yang hampir setahun ini melanda nyaris seluruh negara di dunia telah membuat cara hidup kita berubah di hampir seluruh aspek kehidupan. Para pelajar, mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai tinggi, “dipaksa” untuk berubah secara signifikan dalam menjalani proses pembelajarannya. Hal ini terjadi tidak hanya di pendidikan formal seperti sekolah, tetapi juga di pendidikan non formal seperti tempat-tempat kursus, tidak terkecuali tempat kursus Bahasa Inggris.  

Buat kalian yang hampir setahun ini “dipaksa” untuk belajar secara online dari kediaman masing- masing, mungkin sering mengalami kendala teknis saat belajar. Hal itu mungkin saja membuat kalian lelah dan mulai mengalami kejenuhan saat ini.

Kangen dengan teman-teman sekolah atau teman-teman di tempat kursus Bahasa Inggris, terbatasnya komunikasi langsung dengan guru dan teman di platform belajar online, serta rasa rindu terhadap riuh rendahnya suara canda tawa di kantin sekolah atau tempat kursus, adalah beberapa cerita yang sudah sering kita dengar.

Ada pula tantangan yang mungkin cukup sering dihadapi, yaitu terbatasnya gawai atau perangkat untuk belajar secara online karena harus berbagi dengan kakak atau adik. Pun bila gawai tersedia, keterampilan untuk menggunakan aplikasi tertentu di gawai tersebut untuk kepentingan belajar terkadang membutuhkan latihan yang cukup menyita waktu dan energi. Belum lagi bila koneksi internet yang tersedia kurang bisa diandalkan. Kalau sudah begini, biasanya kita hanya bisa terima dengan pasrah karena memang hal tersebut ada di luar kendali kita. Masih banyak lagi tantangan lain yang mungkin tampak sederhana tapi tetap memiliki dampak terhadap proses pembelajaran, seperti tidak tersedianya ruang belajar yang memadai, banyaknya pengalih perhatian di rumah, dan sebagainya.

Betapapun besarnya tantangan yang kita hadapi saat ini, yang bisa kita lakukan dan memang ada dalam kendali kita adalah beradaptasi. Sebagian dari kalian pasti sudah ada yang mampu beradaptasi dengan baik atas kenormalan baru ini, termasuk dalam cara belajar. Mengapa disebut kenormalan baru, karena menurut para ahli, kita tidak akan benar-benar bisa kembali lagi ke cara hidup seperti sebelum terjadinya wabah Virus Covid-19 ini. Hal ini berarti pembelajaran dengan cara online, baik itu untuk pendidikan formal maupun non formal – seperti kursus Bahasa Inggris online – akan menjadi lebih umum dilakukan. 

Bagi yang masih terus berusaha beradaptasi dengan pembelajaran online, mungkin cara-cara di bawah ini bisa membantu kalian:

  1. Mengatur tempat belajar dan berpenampilan rapi.

Kamu pastinya akan bisa belajar dengan lebih konsentrasi jika tempat belajarmu jauh dari segala hal yang bisa mengalihkan perhatianmu. Sebisa mungkin kondisikan sama seperti ketika kamu belajar di sekolah atau tempat kursus yang sedang kamu ikuti. Duduklah di kursi dengan tegak (jangan duduk berselonjor sambil memangku laptopmu di atas tempat tidur, ya). Jika kamu menggunakan laptop, letakkanlah laptopmu di atas meja, dan persiapkan semua buku pelajaran dan alat tulismu di meja. 

Sama seperti saat belajar di sekolah atau tempat kursus, kamu tetap harus siap secara fisik dan mental walaupun belajar dari rumah. Kamu pastinya tetap memakai seragam sekolah kan selama belajar secara online dengan guru dari sekolah? Nah, kalau kamu sedang mengikuti kursus Bahasa Inggris online, kamu juga harus berpenampilan sama dengan ketika kamu datang ke lokasi kursus. Hasil sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pakaian yang kita kenakan bisa berpengaruh pada perhatian kita atas sebuah tugas yang diberikan. So, sekalipun meja belajarmu ada di kamar tidurmu, jangan mengenakan baju tidur ya…

  1. Mengatur jam belajar

Pembelajar dengan keterampilan manajemen waktu yang baik cenderung akan lebih berhasil secara akademis. Di masa pandemi seperti ini sangatlah penting untuk mengatur waktu dengan baik antara belajar online bersama sekolah, kursus Bahasa Inggris online, mengerjakan tugas, bermain atau berolahraga, dan beristirahat, agar kesehatan fisik dan mental kamu selalu terjaga.

  1. Bertanya dan berkolaborasi

Salah satu hal yang harus kamu lakukan untuk membuat sesi belajar onlinemu efektif adalah dengan segera bertanya kepada gurumu begitu ada pelajaran atau tugas yang belum jelas bagimu. Manfaatkan dengan baik sesi tatap muka virtual – apalagi jika kamu sedang mengambil kursus Bahasa Inggris online – inilah saatnya kamu mempraktikkan Bahasa Inggrismu melalui komunikasi langsung, baik dengan guru maupun dengan teman-teman sekelasmu. Percayalah bahwa setiap guru akan sangat menghargai semua pertanyaan dan feedback dari murid-muridnya karena hal itu menunjukkan bahwa murid-muridnya memberikan atensi pada sesi belajar online tersebut.

Buatlah kelompok belajar online. Belajar menjadi lebih efektif ketika kita melakukannya secara berkelompok dan ketika dilakukan dengan fun. Bila kamu sedang mengambil kursus Bahasa Inggris online, belajar bersama teman akan membantumu untuk lebih memahami materi pelajaran, dan keberadaan teman-temanmu tentu saja memberimu kesempatan untuk lebih banyak berlatih Bahasa Inggris. Dan yang tidak kalah pentingnya, kamu jadi tetap terkoneksi dengan teman-temanmu walaupun hanya secara virtual. Seru, kan?

Pengalaman belajar secara online bersama sekolah maupun tempat kursus selama hampir setahun ini sesungguhnya memberi manfaat berharga yang mungkin belum banyak kita sadari. Banyaknya tantangan sering kali membuat kita lupa akan hikmah dan dampak positif yang muncul kemudian. Yang jelas, manfaat-manfaat itu ada dan besar, dan kita semua akan merasakannya untuk jangka waktu yang cukup panjang.

Seperti judul artikel ini, kita akan lebih spesifik membahas tentang manfaat dari belajar Bahasa Inggris secara online. Dilanjutkan ya bacanya…

  1. Belajar Bahasa Inggris Secara Online Membuat Kamu Menjadi Lebih Percaya Diri

Percaya diri dalam menggunakan Bahasa Inggris adalah salah satu manfaat yang sudah pasti akan kamu rasakan jika kamu belajar di tempat kursus Bahasa Inggris online. Tidak semua orang yang mengikuti kursus Bahasa Inggris, baik online maupun konvensional, memiliki kepercayaan diri yang cukup untuk berbicara di depan orang lain. Bisa jadi kamu termasuk salah satunya. Jangan berkecil hati. Mereka yang ada dalam kelompok ini tidak selalu berarti bahwa mereka murid yang lemah, loh. Mereka mungkin nampak pendiam di kelas konvensional, tidak berbicara jika tidak ditunjuk oleh gurunya, dan tidak pernah mengajukan pertanyaan apapun di kelas. Tetapi dengan media yang tepat, mereka sesungguhnya juga bisa menampilkan diri.  

Dengan fasilitas chat box yang ada di platform yang digunakan untuk belajar secara online, buat kamu yang belum nyaman berbicara dalam Bahasa Inggris di depan orang banyak tentunya akan merasa lebih nyaman menggunakan chat box ini, kan? Mungkin kamu belum menyadari bahwa hal ini pelan-pelan akan meningkatkan rasa percaya dirimu dalam berkomunikasi sekaligus melatih keterampilan menulismu dalam Bahasa Inggris. Dan yang jelas, kamu terbebas dari perasaan bahwa seluruh mata sedang memandangmu dan menunggu kalimat-kalimat yang akan keluar dari bibirmu.

  1. Belajar Bahasa Inggris Secara Online Membuat Kamu Terlatih Menggunakan Bahasa Inggris Secara Tertulis

Sebagaimana telah disinggung di poin sebelumnya, mengikuti kursus Bahasa Inggris online bisa melatih keterampilan berkomunikasimu dalam bentuk tertulis. Tidak seperti ketika hadir di kelas fisik, mereka yang mengikuti kursus Bahasa Inggris online akan harus – sedikit atau banyak – mengandalkan bentuk komunikasi tulisan seperti yang disediakan oleh chat box di platform belajar atau berbagai aplikasi lainnya. Biasanya written communication ini dilakukan sebelum dan sesudah sesi tatap muka virtual, yang difasilitasi oleh guru dan dapat dimanfaatkan oleh seluruh siswa di kelas online tersebut.

Walaupun tidak sempurna, Bahasa Inggris yang kamu tuangkan dalam komunikasi tertulis di platform belajar online ini tentunya tetap harus menggunakan tata bahasa yang baik dan benar. Kamu harus bisa menulis kalimat yang bisa dimengerti tanpa menimbulkan kesalahpahaman bagi yang membacanya, baik itu guru maupun teman sekelasmu. Hal ini akan mau tidak mau “memaksamu” untuk menggunakan tata bahasa dan kosakata yang relevan dan appropriate untuk menyampaikan pertanyaan, jawaban, informasi, maupun ide.

Dan meskipun guru-guru di tempat kursus Bahasa Inggrismu pretty chill, tidak berarti kamu bisa berkomunikasi dengan mereka di chat box menggunakan kata-kata yang disingkat seperti U no exactly wut I mean”,absolutely no LOL”, “CMIIW”, atau mengganti kata-kata dengan emoji. Kamu harus menulis kalimat sebaik yang kamu bisa, dan percaya atau tidak, hal ini sebetulnya menguntungkan kamu. Kamu secara tidak langsung sedang meningkatkan – dalam kadar tertentu – keterampilan menulismu.

  1. Belajar Bahasa Inggris Secara Online Membuat Kamu Menjadi Pembelajar yang Mandiri

Pembelajar yang mandiri adalah pembelajar yang bertanggungjawab atas kesuksesan pembelajarannya sendiri. Jika kamu mengambil kursus Bahasa Inggris online di lembaga bahasa yang menerapkan flipped learning, kamu didorong untuk mandiri melalui metode yang mengharuskan kamu untuk bersikap lebih proaktif dalam proses pembelajaran. Kamu akan mengakses materi pembelajaran di platform digital dan mengerjakan tugas terkait materi tersebut sebelum mengikuti sesi tatap muka virtual. Kamu bisa melakukannya di waktu yang kamu tentukan sendiri. Jika ini dilakukan secara rutin, sesungguhnya kamu sedang mengembangkan strategi dalam mengatur kecepatan belajar diri sendiri.  

Penerapan metode flipped learning dari kursus Bahasa Inggris online yang kamu ikuti dan latihan mengatur kecepatan belajar yang kamu lakukan dengan rutin, akan memungkinkanmu untuk mengukur kemajuan belajar diri sendiri dan memahami hal-hal apa yang perlu diperbaiki dari cara belajarmu. Bila kamu tahu apa yang menjadi kelemahanmu, tentu saja kamu akan mencari cara untuk memperbaiki diri agar dapat mencapai hasil belajar yang lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Untuk lebih memahami bagaimana caranya menjadi pembelajar yang mandiri, kamu bisa membaca kembali artikel Gembira itu Merdeka

  1. Belajar Bahasa Inggris Secara Online Membuat Kamu Menjadi Lebih Fasih Teknologi

Tidak dimungkinkannya pertemuan fisik dalam proses pembelajaran selama Pandemi Covid-19 telah memaksa kita untuk beradaptasi dengan teknologi. Berbagai platform belajar online yang tersedia saat ini telah memungkinkan dilanjutkannya proses pendidikan selama masa karantina. Guru dan murid, dari berbagai institusi pendidikan, di hampir seluruh penjuru Indonesia bahkan dunia, telah “dipaksa” untuk terampil menggunakan berbagai aplikasi pembelajaran online demi keberlangsungan pendidikan. Bahkan para orang tua pun harus ikut “melek teknologi” demi berlanjutnya pendidikan anak-anak tercinta.

Praktisi-praktisi pendidikan maupun pelajar yang tadinya menganggap teknologi “tidak terlalu penting”, kini harus berterima kasih pada keberadaan dan kemajuan teknologi, dan mau tidak mau harus mengembangkan literasi teknologi mereka, meskipun ada berbagai tantangan dalam pemanfaatan teknologi tersebut. Dan mengingat bahwa keadaan sekitar kita tidak akan pernah kembali seperti semula, pembelajaran online masih merupakan solusi yang relevan untuk jangka waktu yang panjang. Artinya, kefasihan teknologi yang “terpaksa” kita kembangkan dalam diri dan lingkungan kita saat ini (karena adanya pandemi), sesungguhnya telah memberikan manfaat jangka panjang yang besar untuk kita sendiri. Every cloud has a silver lining.

  1. Belajar Bahasa Inggris Secara Online Membantu Kamu Mempersiapkan Diri Memasuki Jenjang Pendidikan yang Lebih Tinggi

Seperti yang sudah disinggung di atas, ke depannya pembelajaran dengan cara online akan menjadi lebih umum dilakukan – terutama untuk tingkat Perguruan Tinggi – baik di dalam maupun luar negeri.

Jika saat ini kamu masih menempuh pendidikan tingkat menengah, percayalah bahwa pengalamanmu belajar di tempat kursus Bahasa Inggris online yang menerapkan flipped learning adalah latihan yang sangat baik sebelum kamu memasuki dunia perkuliahan online. Bagaimana bisa?

Pendidikan di tingkat yang lebih tinggi bukan semata-mata berfokus pada bagaimana caranya supaya lulus ujian. Banyak sekali tugas yang dibebankan kepada mahasiswa, dan untuk bisa menyelesaikan semuanya dengan baik dibutuhkan rasa tanggung jawab dan kemandirian. Tanpa kamu sadari kamu sudah berlatih mengembangkan kualitas itu saat kamu belajar di tempat kursus Bahasa Inggris yang menerapkan metode flipped learning.     

Nah, bagaimana pendapatmu setelah membaca manfaat kursus Bahasa Inggris online yang ternyata lebih luas dari sekedar peningkatan keterampilan Bahasa Inggris saja? Semoga kita semua menjadi semakin banyak bersyukur ya.

Terakhir, perlu kita ingat bahwa kesuksesan dalam belajar Bahasa Inggris tidak hanya ditentukan oleh pendekatan belajar yang digunakan, apakah online atau konvensional dengan hadir di kelas. Tidak ada yang dapat lebih menjamin kesuksesanmu belajar Bahasa Inggris kecuali LATIHAN! LATIHAN! dan LATIHAN!

Bila kamu ingin tahu bagaimana caranya berlatih untuk meningkatkan keterampilan Speaking dan Listening, kamu bisa membaca kembali artikel Belajar Bahasa Inggris Semudah Membuat Popcorn (Bagian 1). Atau jika keterampilan Reading dan Writing adalah skills yang masih perlu kamu tingkatkan, cara berlatihnya bisa kamu simak lagi di artikel Belajar Bahasa Inggris Semudah Membuat Popcorn (Bagian 2).

Untuk kamu yang saat ini sedang mempertimbangkan untuk mengikuti kursus Bahasa Inggris online, pastikan kamu memilih tempat kursus yang memiliki metode belajar online yang tidak hanya interaktif, tetapi juga efektif dalam meningkatkan keterampilan Bahasa Inggris sekaligus dalam mengembangkan kemandirian belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Send this to a friend