Belajar Bahasa Inggris Semudah Membuat Popcorn (bag.2)

Belajar Bahasa Inggris Semudah Membuat Popcorn

 

Sudah habis popcornnya? Buat saja lagi, untuk menemanimu membaca kelanjutan artikel bagian 1 yang sudah kamu baca itu. Semoga sudah kamu praktekkan juga ya. Setelah kita membahas tentang Listening dan Speaking Skills, sekarang kita lanjutkan dengan dua language skills berikutnya.

 

Reading Skill

Dalam seminggu ini apakah ada bacaan Bahasa Inggris yang kamu baca? Apakah kamu memahami apa yang kamu baca? Kalau kamu ingin meningkatkan kemampuanmu dalam memahami bacaan dalam Bahasa Inggris, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

1.      Selalu sisihkan waktu untuk membaca

Membaca sekedar untuk hiburan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Tapi kalau kamu berniat untuk meningkatkan kemampuanmu dalam memahami bacaan berbahasa Inggris, kamu harus fokus. Sisihkan waktu minimal 30 menit setiap hari khusus untuk membaca tanpa terganggu. Jauhkan dulu ya telepon selularmu.

2.      Pilih bacaan yang pas buatmu

Ketika kamu memilih buku atau jenis bacaan lain, pilihlah yang memang menarik untukmu dan sesuai dengan kemampuanmu. Kamu bisa memilih bacaan yang sedikit di atas kemampuanmu agar kamu selalu tertantang untuk mempelajari hal-hal baru, tapi jangan terlalu sulit sampai membuatmu frustasi ya. Jangan pernah merasa malu untuk memulainya dari bacaan anak-anak kalau memang Bahasa Inggrismu baru pada tingkatan pemula.      

3.      Tingkatkan dulu kelancaran membacamu

Ketika kamu membaca dalam hati sebuah bacaan dalam Bahasa Indonesia, kata-kata yang kamu baca akan mengalir natural seperti ketika kamu bicara kan? Kelancaran seperti itulah yang harus kamu capai karena akan sulit bagimu untuk memahami apa yang kamu baca jika kamu membacanya kata per kata.

Meningkatkan kelancaran membaca bisa dilakukan dengan memilih bacaan yang sedikit mudah. Latihan ini juga akan bermanfaat untuk meningkatkan kelancaranmu dalam berbicara Bahasa Inggris lho.

Satu lagi cara latihan yang menyenangkan adalah dengan menonton film berbahasa Inggris favoritmu yang dilengkapi dengan subtitle Bahasa Inggris juga. Dengan cara ini kamu bisa membaca kata-katanya sambil mendengarkan bagaimana si native speaker mengucapkannya dengan natural. Kamu masih ingat kan di bagian 1 dari artikel ini bahwa kamu bisa melatih listening skill dengan menonton film. Super sekali kan jika kamu dapat meningkatkan dua language skills sekaligus hanya dengan menonton film berbahasa (dan subtitle) Inggris di Netflix? Jangan lupa popcornnya biar tambah seru!

4.      Bacalah pelan-pelan 

Sekarang setelah kamu sudah bisa membaca dengan lancar, saatnya kamu membaca lebih pelan untuk benar-benar memahami apa yang kamu baca. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah membaca dengan suara yang lantang. Dengan cara ini, kamu tidak hanya sedang berlatih reading dan understanding, tapi juga berlatih untuk pronunciation, listening dan speaking.

Jika kamu tidak bisa atau tidak mau membacanya keras-keras, kamu bisa berhenti sejenak setelah membaca beberapa paragraf untuk memastikan bahwa kamu benar-benar memahami apa yang sedang kamu baca. 

5.      Buatlah banyak pertanyaan 

Semakin banyak kamu membuat pertanyaan atas apa yang sedang kamu baca, kamu akan semakin paham apa yang kamu baca.

Tulislah pertanyaan-pertanyaan tersebut. Pertanyaannya bisa apa saja yang saat itu muncul di pikiranmu seraya kamu membaca bacaan tersebut.

Ketika kamu sudah selesai membaca, lihat lagi pertanyaan-pertanyaan yang sudah kamu tulis itu dan jawablah. Kalau masih ada pertanyaan yang belum bisa kamu jawab, baca lagi bagian itu dan coba cari jawabannya.

6.      Baca ulang 

Membaca suatu bacaan hanya satu kali kadang-kadang tidak cukup untuk bisa benar-benar memahaminya, terlebih lagi jika bacaannya sulit. Membaca ulang juga bermanfaat jika kamu mendapati kata-kata baru dalam bacaan tersebut. Kamu dapat membaca lagi kata-kata tersebut untuk membantumu mengingatnya.    

7.      Bacalah berbagai jenis bacaan

Saat ini kita tidak hanya membaca buku dan koran. Kita membaca blog, e-mail, tweet, dan teks lainnya. Semakin sering kamu membaca apapun dalam Bahasa Inggris, semakin baik juga reading skill kamu. 

Writing Skill

Harus diakui bahwa menghasilkan tulisan yang baik itu tidak mudah. Jangankan menulis dalam bahasa asing, dalam bahasa kita sendiri saja belum tentu hasilnya selalu baik. Tapi kemampuan menulis yang baik akan sangat berguna buat studi atau karir karena hal itu bisa menunjukkan kemampuan seseorang dalam berpikir secara jelas dan sistematis. Jangan khawatir, selalu ada cara untuk meningkatkan writing skill kamu. Berikut ini cara-cara yang bisa kamu coba:

1. Membaca sebanyak mungkin

Seperti halnya listening itu erat kaitannya dengan speaking, maka reading itu kaitannya sangat erat dengan writing. Banyak membaca akan membantumu meningkatkan kosakata, tata bahasa, serta struktur kalimat. Kamu juga akan bisa mempelajari berbagai cara untuk mengomunikasikan ide-ide dalam bentuk tulisan. Jadi misalnya kamu ingin menulis tentang pengalamanmu mendaki gunung, kamu bisa membaca dahulu tulisan-tulisan sejenis yang dapat kamu cari dari berbagai sumber. Setelah itu baru kamu coba membuat tulisan sendiri. Itu akan jauh lebih mudah daripada mencoba menulis tanpa memiliki input sama sekali.   

2. Manfaatkan kamus Bahasa Inggris    

Selain untuk mencari arti kata, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk mencari lawan katanya (antonym) dan padanan katanya (synonym) sehingga kamu tidak mengulang-ulang kata yang sama. Dengan begini, tulisanmu tentunya akan lebih enak dibaca.    

3. Asah grammar

Tulisanmu akan jauh lebih baik jika kamu juga mengerjakan latihan grammar. Ketika kamu menulis, grammar itu menjadi lebih penting dibanding saat kamu bicara, karena bahasa tulisan biasanya lebih formal dan lebih terstruktur. 

4. Periksa ejaan sebelum dan sesudah menulis

Bagaimana rasanya kalau kamu membaca sebuah tulisan dalam Bahasa Indonesia yang banyak kesalahan ejaannya? Tulisan yang menarik pun akan jadi kurang enak dibacanya kan? Apalagi kalau kamu menulis dalam Bahasa Inggris, selalu cek dan cek ulang ejaannya ya.    

5. Menulis diary

Menulis di diary setiap hari bisa kamu jadikan sebagai sebuah rutinitas. Kamu tidak perlu menulis kalimat-kalimat dalam Bahasa Inggris yang rumit, cukup yang sebisamu saja.

6. Belajar membuat kalimat-kalimat yang lebih kompleks

Jika kamu sudah mengasah grammar, mulailah belajar membuat kalimat-kalimat yang lebih kompleks, misalnya dengan menggunakan kalimat majemuk. Lalu tuangkan kalimat-kalimat itu ketika kamu menulis diary.  

7. Belajar membuat paragraf

Kamu bisa memulai paragrafmu dengan sebuah kalimat topik, yaitu kalimat yang menjelaskan apa yang akan kamu tulis. Lalu lanjutkan dengan kalimat-kalimat pendukung, yaitu kalimat yang memberi informasi lebih tentang topik yang kamu tulis. Tutup dengan kalimat kesimpulan, yang merupakan ringkasan dari keseluruhan isi paragraf.

8. Buat kerangka tulisan dan kembangkan

Dalam membuat tulisan berbahasa Inggris yang paling sederhana sekalipun, kamu harus membuat sebuah kerangka tulisan agar ide-ide yang ingin kamu sampaikan bisa mengalir dengan rapi. Secara umum kamu dapat memulai dengan paragraf pendahuluan yang berisikan tema utama dan ide-ide pendukung yang menunjang tema tersebut. Lalu elaborasikan tiap ide pendukung tersebut menjadi paragraf yang berbeda. Jangan lupa menggunakan kalimat transisi antar paragraf ya untuk memperlihatkan hubungan antara ide di paragraf satu dengan ide di paragraf berikutnya, sehingga tulisanmu akan menjadi tulisan yang mengalir dan enak dibaca. Terakhir, tutuplah tulisanmu dengan paragraf yang berisi kesimpulan. Mudah kan? 

9. Mintalah orang lain untuk membaca tulisanmu

Kamu bisa meminta guru Bahasa Inggrismu atau native speaker untuk membantumu memahami dan memperbaiki kesalahan apapun yang kamu buat dalam tulisanmu, baik menyangkut grammar, ejaan, maupun menyangkut pengaturan paragraf-paragraf dalam tulisanmu. Belajar menulis dalam Bahasa Inggris memang bukan proses yang singkat, tapi dengan sedikit disiplin dan kemauan untuk belajar, siapapun pasti bisa meningkatkan kemampuannya.

Dari semua tips yang kamu baca di artikel bagian 1 dan 2 ini, semuanya bisa dikurangi jadi tinggal 3: LATIHAN, LATIHAN, dan LATIHAN!!

Bagaimanapun gaya belajarmu, kunci untuk menguasai bahasa asing adalah LATIHAN sebanyak dan sesering mungkin. Satu kegiatan yang kamu lakukan untuk melatih satu language skill tertentu ternyata juga sekaligus bermanfaat untuk meningkatkan language skill lainnya kan?

Kalau kamu merasa kesulitan untuk membuat latihanmu lebih teratur dan terukur, kamu bisa mengikuti kursus Bahasa Inggris yang berkualitas baik dan terpercaya yang ada di kotamu. Sampai jumpa di tips belajar berikutnya!

One thought on “Belajar Bahasa Inggris Semudah Membuat Popcorn (bag.2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to a friend