Belajar Bahasa Inggris Semudah Membuat Popcorn (bag.1)

Siapa sih yang tidak suka popcorn? Apalagi kalau makannya sambil nonton film sama gebetan, bioskop serasa milik berdua. Nonton film yang berbahasa Inggris bukan cuma kegiatan rekreasi lho, tapi bisa jadi salah satu cara yang menyenangkan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu. Sekarang kita bahas yuk bagaimana caranya belajar Bahasa Inggris yang menyenangkan dan mudah, semudah membuat popcorn.

Ketika kita belajar suatu bahasa, baik bahasa ibu maupun Bahasa Inggris, pertama kita mendengar dulu, lalu bicara, lalu membaca, baru terakhir menulis. Keempat keterampilan bahasa tersebut perlu kita kembangkan agar bisa berkomunikasi dengan baik. Kalau kamu sedang belajar Bahasa Inggris maka jadikan bahasa itu bagian dari keseharianmu di rumah, sekolah atau tempat kerja, dan juga di waktu luangmu.  

Lanjut baca ya untuk tahu tips yang akan membantu kamu meningkatkan keterampilan Bahasa Inggrismu.

 

1. Listening Skill

Keterampilan mendengarkan atau listening skill yang baik akan memastikan pemahaman yang baik juga atas percakapan, pidato, atau apapun juga yang sedang kamu dengarkan. Selain itu juga akan membantumu meningkatkan akurasi ketika kamu bicara. Cobalah untuk mendengarkan secara aktif, selain memperhatikan apa yang dikatakan, kamu juga harus memperhatikan bagaimana kata-kata atau kalimat-kalimat tersebut diucapkan. Beberapa cara menyenangkan yang bisa kamu lakukan diantaranya adalah:  

·         Mendengarkan lagu. Selama liriknya berbahasa Inggris, tidak masalah apapun aliran musiknya. Dengarkan liriknya, kamu juga bisa mendengarkan sambil membaca lirik lagu tersebut untuk membantumu memahami lagu tersebut. Jika kamu suka  mendengarkan musik melalui Spotify, kamu bisa mendengarkan ribuan lagu lengkap dengan liriknya. Kalaupun sedang tidak bisa membaca lirik lagu yang tengah kamu nikmati itu, tidak masalah, paling tidak kamu akan terbiasa mendengarkan kata-kata dalam Bahasa Inggris diucapkan.     

·         Menonton film. Kalau kamu pelanggan Netflix, kamu bisa menonton banyak sekali film berbahasa Inggris. Sebaiknya pilih subtitle yang Bahasa Inggris juga. Jadi selain mendengarkan dialognya kamu juga bisa membaca dialog para aktor/aktris tersebut di layar. Kamu bisa mengulang-ulang dialog yang ingin kamu dengarkan lebih seksama. Menonton konten-konten menarik yang berbahasa Inggris di Youtube juga bisa kamu jadikan pilihan untuk melatih listening skill. 

2. Speaking Skill

Sebelum masuk ke tips meningkatkan keterampilan bicara, kamu harus membangun dasar yang kuat terlebih dahulu, yaitu kosakata (vocabulary) yang luas dan pronunciation (pelafalan) yang baik dan benar. Bagaimana cara menambah vocabulary akan dibahas tersendiri di artikel lain.  

Speaking skill atau keterampilan bicara seringkali dianggap yang paling susah dari keempat keterampilan bahasa. Tapi, sedikit saja kamu bisa berbicara dalam Bahasa Inggris, akan terbuka banyak cara untuk meningkatkan kemampuanmu secara cepat dengan cara yang mudah, semudah membuat popcorn pastinya. Berikut ini cara-cara yang bisa kamu lakukan:

1. Bicara kepada diri sendiri

Kamu takut disangka orang dengan gangguan jiwa? Selama kamu tidak mengajak ngobrol pohon, kamu akan baik-baik saja. Latihan ini bisa kamu lakukan ketika kamu sedang sendirian kalau kamu memang belum terlalu nyaman melakukannya dengan kehadiran orang lain.

Bicaralah dalam Bahasa Inggris dengan suara yang cukup keras. Bisa kalimat apa saja, “Shall I go get a cup of coffee?” atau tiba-tiba kamu ingat belum mengerjakan PR, “I have to do a lot of homework”. Bicaralah sesering mungkin, jauhkan rasa malu. Semakin sering kamu berlatih, rasa percaya dirimu akan semakin meningkat.

 2. Membaca dengan suara lantang

Bacalah koran atau majalah berbahasa Inggris dengan suara lantang. Atau kamu bisa membaca cerita pendek sambil berakting! Ini adalah cara yang mudah dan menyenangkan untuk melatih pelafalanmu dimana kamu bisa berkonsentrasi pada suaramu ketika berbicara dalam Bahasa Inggris dan tidak harus khawatir apakah struktur kalimat atau grammar kamu sudah benar.

Kamu bisa merekam suaramu, lalu kamu dengarkan apakah ada pelafalanmu yang masih salah. Jika memungkinkan, mintalah umpan balik dari penutur asli, tapi kalau tidak ada, kamu selalu bisa mengeceknya di Google dictionary.

3. Berpikir dalam Bahasa Inggris

Kalau kamu sudah bisa berpikir dalam Bahasa Inggris, akan semakin mudah bagimu untuk bicara atau merespon dalam sebuah percakapan sehari-hari dalam Bahasa Inggris.

Cara yang bisa kamu praktekkan untuk belajar berpikir dalam Bahasa Inggris adalah dengan menulis diary atau jurnal dimana kamu bisa menuliskan pikiran-pikiranmu dalam Bahasa Inggris. Tidak harus sempurna, ini lebih merupakan latihan untuk semakin melancarkanmu mengeluarkan pendapat dan pikiranmu dalam Bahasa Inggris.

4. Bergabung dalam komunitas bahasa

Meningkatkan speaking skill agak sulit dilakukan kalau kamu tidak punya speaking partner. Kamu bisa bergabung dalam komunitas yang akan mempertemukanmu dengan partner tersebut, diantaranya:

  • Komunitas Britzone

Kamu yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya bisa bergabung dengan komunitas yang terletak di Perpustakaan Kemendikbud ini.

  • Toastmaster

Komunitas yang tersebar di seluruh dunia ini sangat cocok buat kamu yang ingin meningkatkan kemampuan komunikasi sekaligus kepemimpinan.  

  • AIESEC

Organisasi internasional bagi pemuda ini terdapat di seluruh dunia. Kalau jadi anggotanya, kamu berkesempatan menjadi relawan di luar negeri yang tentunya akan memberimu kesempatan untuk mengembangkan kemampuan Bahasa Inggrismu.  

  • Komunitas Faktabahasa

Anak-anak muda yang bergabung dalam komunitas ini ingin berbagi dan belajar bahasa asing secara santai. Mereka menamakan kegiatannya “clubbing”, yaitu diskusi klub-klub bahasa karena memang komunitas ini mewadahi berbagai bahasa, tidak hanya Bahasa Inggris. Komunitas ini sudah ada di beberapa kota di Indonesia.     

Kamu bisa bergabung di komunitas-komunitas ini and mingle with like-minded people, seru kan?    

5. Gunakan apps

Kalau kamu memiliki kendala waktu dan jarak untuk bergabung dalam komunitas bahasa, kamu masih punya pilihan lain untuk mendapatkan speaking partner. Gunakan aplikasi untuk berbicara dengan native speaker secara online. Beberapa apps yang populer diantaranya adalah HelloTalk dan Tandem. All you need to do is to press a few buttons and start talking.

Sambil menungu bagian 2 dari artikel ini, kamu bikin popcorn saja dulu. Jangan lupa berbagi dengan orang yang dekat di hatimu ya….

  • >
    Send this to a friend