lblia.com

Parents, Bermain Games dalam Kelas Bahasa Inggris itu Penting loh…

Play is our brain’s favorite way of learning” – Diane Ackerman

Salah satu keterampilan yang saat ini banyak dipelajari oleh pembelajar dari segala usia, baik secara formal maupun non formal adalah bahasa asing, baik itu Bahasa Inggris, Bahasa Korea, Bahasa Mandarin, atau bahasa asing lainnya. Belajar bahasa asing adalah suatu hal yang membutuhkan kerja keras dan usaha yang terus menerus. Ada sebuah persepsi umum bahwa semua kegiatan belajar sebaiknya dilakukan dengan cara yang serius, dan jika ada keramaian, kelucuan, dan tawa, itu bukanlah kegiatan belajar.   

Sesungguhnya sangatlah mungkin untuk belajar bahasa asing, misalnya Bahasa Inggris, dalam suasana yang gembira. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan kegembiraan tersebut adalah melalui permainan atau games. Satu hal yang terjadi jika belajar menggunakan games yang tepat adalah senyum yang terkembang di wajah pembelajarnya.

Walaupun games seringkali dihubungkan dengan keseruan, namun sesungguhnya memiliki nilai pedagogis, khususnya dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa asing. Games yang dimainkan dengan efektif dapat membangun motivasi, menurunkan tingkat stress para siswa, dan memberi kesempatan kepada pembelajar bahasa untuk berkomunikasi dalam cara yang riil. Selain itu, games juga bisa digunakan ketika memberi latihan pada semua keterampilan bahasa (listening, speaking, reading, dan writing). Bagi para pengajar Bahasa Inggris, games membantu mereka membuat konteks dimana bahasa tersebut menjadi berguna dan bermakna. Mungkin ada kalanya menggunakan sebuah permainan tidak terlalu membantu dalam proses pembelajaran, seperti misalnya ketika para pembelajarnya lebih memilih untuk belajar dengan pendekatan yang lebih formal.

Mari kita lihat lebih dalam mengenai mengapa games sangat penting dalam kelas Bahasa Inggris, berikut adalah beberapa alasannya:

  • Games dapat digunakan secara fleksibel

Games dapat digunakan sebagai pemanasan sebelum pelajaran dimulai (misalnya untuk review singkat atas materi pelajaran sebelumnya), selama pelajaran untuk memberi para siswa jeda sejenak ketika materi pelajaran yang sedang dibahas cukup sulit, di akhir sesi belajar untuk berlatih materi yang baru saja dipelajari, atau bisa juga sebagai pengenalan singkat atas kosakata atau konsep baru.

  • Games bukan semata-mata bersenang-senang

Games sesungguhnya adalah sebuah strategi belajar dalam kelas Bahasa Inggris, walaupun sering tidak disadari oleh para pembelajarnya. Banyak manfaat yang dapat diperoleh siswa dari games yang diintegrasikan ke dalam proses belajar di kelas.

Pertama, games membuat pelajaran menjadi tidak membosankan. Sebaliknya, games menciptakan lingkungan kelas yang positif dimana siswa dan pembelajaran mereka menjadi pusatnya (student-centered learning). Bahkan siswa yang pemalu dan tidak terlalu aktif pun seringkali bereaksi positif terhadap games. Games meningkatkan motivasi siswa dan mendorong mereka untuk lebih aktif di kelas.     

Berikutnya, Lesson Plan yang memasukkan games ke dalamnya juga bisa membuat pembelajaran Bahasa Inggris menjadi tidak terlalu stressful. Permainan membuat siswa rileks atau tidak tegang dalam usaha mereka untuk menguasai Bahasa Inggris. Dalam sebuah kelas bahasa, para pembelajar sering beranggapan bahwa mereka harus berhasil dengan cepat dalam menguasai bahasa yang mereka sedang pelajari. Beberapa kondisi lain dapat membuat para pembelajar merasa cemas, seperti kekhawatiran akan dikritik oleh guru atau ditertawakan oleh teman sekelas ketika membuat kesalahan. Untuk menghindari hal-hal seperti ini, games menjadi penting karena dapat membantu mengurangi kecemasan siswa dan meningkatkan perasaan positif dan kepercayaan diri mereka. Dalam permainan, siswa tidak akan merasa cemas karena atmosfir yang dibangun membuat mereka santai dan mindset bahwa it’s just a game akan membuat mereka merasa bahwa siapa saja yang melakukan kesalahan dalam permainan tersebut tidak akan berakibat fatal. Mereka akan dapat mempraktikkan bahasa yang sedang mereka pelajari dengan perasaan bebas. Pengalaman belajar yang positif yang mereka rasakan di kelas melalui games akan secara otomatis menambah daya ingat mereka akan apa yang telah dipelajari.

  • Games membantu melatih keterampilan berkomunikasi

Games adalah cara yang sangat baik untuk melatih kosakata baru. Dibandingkan harus menghafal daftar kata di rumah, permainan yang tepat di dalam kelas tentunya akan membantu para siswa untuk benar-benar menggunakan kosakata baru tersebut sehingga mereka akan dapat mengingatnya dengan lebih baik. Games juga dapat membantu siswa untuk menyingkirkan hambatan ketika harus benar-benar bicara dalam Bahasa Inggris – hal yang merupakan masalah yang umum dihadapi oleh para pembelajar. Games membantu para pembelajar untuk menjadi lebih kreatif dan spontan ketika menggunakan Bahasa Inggris, dan membantu mereka mengatasi rasa malu. Berbagai hasil evaluasi pembelajaran membuktikan bahwa secara umum games bisa membantu para pembelajar meningkatkan keterampilan berkomunikasi mereka, bahkan saat mereka berada di luar kelas.

  • Games tidak hanya untuk anak-anak

Banyak orang berpikir bahwa pembelajar Bahasa Inggris usia dewasa akan memiliki masalah berkomunikasi yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan pembelajar usia anak-anak, tapi sesungguhnya tidaklah demikian. Dalam banyak kasus, pembelajar usia dewasa bahkan lebih gugup ketika harus berkomunikasi dan mencoba hal-hal baru di kelas. Namun demikian, di lingkungan yang kompetitif (tapi tetap bersahabat) seperti yang dibangun oleh aktivitas seperti games, mereka bisa menjadi tidak enggan untuk mengajukan pertanyaan atau mengutarakan apa yang mereka pikirkan. Games bisa membantu mereka menyampaikan pikiran dan maksud mereka dengan lebih baik kepada rekan satu timnya. Games juga bisa membantu mempertahankan tingkat energi dan motivasi para pembelajar dewasa. 

  • Games dapat mengontrol kompetisi dan meningkatkan keterampilan pembelajar untuk berkolaborasi

Para siswa bisa menjadi sangat kompetitif di kelas, terutama anak-anak laki-laki. Games adalah cara yang baik untuk mengontrol tingkat kompetisi di antara para siswa. Dengan menggunakan games, para siswa bisa saling berkompetisi selama dalam permainan lalu bisa saling mendukung dalam aktivitas belajar yang lain.       

Games yang dimainkan oleh seluruh siswa dalam sebuah kelas juga bisa digunakan sebagai latihan team building. Selain itu games yang dimainkan secara berpasangan atau dalam kelompok dapat membuat para siswa lebih termotivasi untuk bertanya, berkomunikasi, dan mendiskusikan topik dengan teman satu kelompoknya. Dengan cara ini para siswa belajar bagaimana membangun respek, mendengarkan orang lain, dan bekerja sama dalam menyelesaikan tantangan.

  • Games dapat meningkatkan keterampilan interpersonal

Sebagian besar games mengharuskan pemainnya untuk berinteraksi, baik dalam permainan berpasangan atau dalam grup kecil. Hal ini memberi kesempatan kepada para pembelajar Bahasa Inggris di kelas tersebut untuk membangun keterampilan interpersonal, seperti keterampilan untuk menyatakan ketidaksetujuan dengan cara yang sopan, atau keterampilan untuk meminta tolong.

Jelas sudah bahwa games adalah elemen pengajaran yang sangat berharga. Games yang efektif dan bermanfaat adalah games yang dirancang dengan tujuan yang jelas, mempunyai alokasi waktu yang spesifik, memiliki relevansi yang jelas dengan materi pelajaran, sesuai untuk seluruh anggota kelas, dan yang terutama adalah yang dapat menciptakan motivasi dan antusiasme dalam diri para pembelajar, sehingga keterlibatan mereka secara aktif dalam games membuat mereka mampu menggunakan bahasa yang sedang dipelajari dengan baik dan penuh percaya diri.

Pertanyaannya saat ini adalah, bagaimana mencari tempat belajar Bahasa Inggris yang menjadikan games sebagai salah satu elemen dalam metode pengajarannya?

Pilihlah lembaga bahasa yang memastikan bahwa siswanya belajar dengan cara yang menyenangkan melalui kegiatan yang komunikatif dan interaktif, serta fun namun meaningful. Tempat belajar yang tidak hanya mengajarkan Bahasa Inggris, tetapi juga life skills atau kecakapan hidup.

Untuk mencoba sesi belajar gratis klik www.lblia.com atau hubungi WA 0813 7330 8484 dan dapatkan pengalaman belajar yang penuh kegembiraan!  

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Send this to a friend