Kursus Bahasa Inggris Anak: Cara Efektif Bantu Anak Anda Menguasai Bahasa Inggris Lebih Mudah

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan secara luas di seluruh dunia. Bahasa Inggris juga telah menjadi bahasa utama dalam berbagai bidang, seperti teknologi, bisnis, akademik, dan industri hiburan. Untuk itulah para orang tua perlu mempersiapkan anak-anak untuk menguasai bahasa Inggris dengan baik.

Belajar bahasa Inggris dapat membantu anak-anak memperluas wawasan mereka dan membuka kesempatan untuk berinteraksi dengan orang dari berbagai budaya di seluruh dunia. Belajar bahasa Inggris juga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan membantu anak-anak memahami informasi dan sumber pengetahuan dari berbagai negara. Dalam era globalisasi seperti sekarang ini, kemampuan berbahasa Inggris menjadi semakin penting bagi anak-anak untuk bersaing secara global dan mempersiapkan diri untuk masa depan yang lebih baik. Karena kemampuan berbahasa Inggris juga menjadi syarat penting untuk banyak pekerjaan dan pendidikan yang lebih baik di masa depan.

Sebagai orang tua, Anda dapat mulai mengajarkan bahasa Inggris kepada anak-anak sejak kecil. Mengajarkan bahasa Inggris sejak dini kepada anak-anak lebih baik daripada mulai mengajarkannya ketika mereka sudah remaja, karena anak-anak memiliki keunggulan dalam mempelajari hal-hal yang baru dibandingkan dengan remaja, termasuk dalam hal bahasa.

Kursus Bahasa Inggris Anak: Cara Efektif Bantu Anak Anda Menguasai Bahasa Inggris Lebih Mudah

Para ilmuwan mengatakan bahwa otak anak-anak seperti spons yang memiliki kemampuan untuk mempelajari hal baru dengan lebih cepat dibanding dengan remaja atau orang dewasa. Hal ini karena otak anak-anak masih memiliki neuroplastisitas tinggi, yaitu kemampuan otak dan sistem saraf untuk berubah secara struktural dan fungsional sebagai akibat dari input lingkungan. Dengan kemampuan ini, anak-anak dapat menyerap infomasi dengan mudah dan mampu mengembangkan keterampilan bahasa dengan lebih baik dan lebih cepat dibandingkan dengan remaja atau orang dewasa. Mereka juga cenderung memiliki rasa ingin tahu yang besar dan lebih bersemangat dalam mempelajari hal-hal baru, termasuk bahasa.

Anak-anak dapat mulai belajar bahasa Inggris sejak dini, bahkan sejak usia 3 tahun. Kemampuan neuroplastisitas anak berkembang dengan pesat sebelum usia lima tahun. Bila mereka mulai belajar bahasa di usia tersebut, mereka akan dapat mencapai tingkat keterampilan yang lebih tinggi dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan bila mereka mulai belajar di usia yang lebih tua. Di usia tersebut mereka juga akan merasa bahwa kegiatan belajar bahasa Inggris merupakan pengalaman yang menyenangkan dan menarik bagi mereka. 

Namun demikian, cara dan metode pengajaran bahasa Inggris pada anak usia dini harus disesuaikan dengan kebutuhan anak. Anak-anak pada usia ini lebih cocok belajar bahasa Inggris melalui permainan, lagu, cerita, dan aktivitas yang melibatkan gerakan fisik. Hal ini akan membantu meningkatkan keterampilan bahasa mereka sambil tetap menjaga keceriaan dan motivasi belajar.

Pada usia lebih tua, yaitu sekitar 6-7 tahun, anak-anak mulai dapat mempelajari bahasa Inggris dengan lebih sistematis dan mulai dapat diarahkan untuk mengenal aspek tata bahasa. Pada usia ini, anak-anak juga dapat memperoleh keterampilan bahasa Inggris yang lebih tinggi melalui kursus atau program pengajaran bahasa Inggris yang dirancang khusus untuk anak-anak.

Kursus Bahasa Inggris Anak: Cara Efektif Bantu Anak Anda Menguasai Bahasa Inggris Lebih Mudah

Anda dapat pula mencoba mengajarkan sendiri bahasa Inggris kepada anak-anak Anda dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Anda dapat membaca buku anak berbahasa Inggris bersama anak dan memberikan penjelasan mengenai arti kata-kata yang tidak dimengerti anak. Anda juga dapat menonton film atau kartun berbahasa Inggris bersama anak dan membantu anak memahami kata-kata dan ekspresi yang digunakan dalam film atau kartun tersebut. Mendengarkan lagu anak berbahasa Inggris bersama anak dan mengajarkan arti kata-katanya juga akan membantu anak memahami lirik dan arti lagu tersebut. Dengan membiasakan berbicara dalam bahasa Inggris di rumah kepada anak Anda, Anda akan membantu anak mempraktikkan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Gunakanlah juga aplikasi atau permainan belajar bahasa Inggris yang interaktif dan menyenangkan untuk membantu anak belajar bahasa Inggris. Berikanlah pujian dan umpan balik positif ketika anak berhasil menggunakan bahasa Inggris dengan benar.

Namun, jika Anda merasa perlu akan adanya bantuan dari pihak lain untuk mengajarkan bahasa Inggris kepada anak-anak Anda, Anda dapat mendaftarkan anak-anak Anda ke lembaga kursus bahasa Inggris. Karena meskipun belajar bahasa Inggris di rumah dapat memberikan manfaat, mengikuti kursus bahasa Inggris juga memiliki banyak kelebihan dan lebih disarankan untuk anak-anak.

Di tempat kursus bahasa Inggris, anak-anak akan mendapatkan bimbingan langsung dari pengajar yang berpengalaman dalam mengajar bahasa Inggris untuk anak-anak, yang mampu memahami gaya belajar dan kemampuan yang berbeda-beda dari setiap anak. Anak-anak Anda juga akan berinteraksi dengan anak-anak lain yang juga sedang belajar bahasa Inggris. Ini dapat membantu anak-anak mempraktikkan bahasa Inggris dalam situasi sosial yang nyata dan meningkatkan kemampuan mereka dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Lembaga kursus bahasa Inggris yang baik biasanya menyediakan sumber pengetahuan belajar modern seperti aplikasi pembelajaran bahasa Inggris, software interaktif, dan buku-buku terbaru yang dapat membantu anak-anak belajar bahasa Inggris dengan cara yang lebih menarik dan menyenangkan. Lebih lanjut lagi, di tempat kursus bahasa Inggris, anak-anak akan fokus pada pembelajaran bahasa Inggris tanpa gangguan dari aktivitas lain (seperti yang mungkin mereka alami bila belajar bahasa Inggris di rumah). Hal ini dapat membantu anak-anak memperoleh pemahaman bahasa Inggris dengan lebih baik dan lebih cepat. Meskipun waktu belajar bahasa Inggris di tempat kursus lebih singkat jika dibandingkan dengan kesempatan belajar di rumah, belajar bahasa Inggris di kelas bersama teman-teman sebaya dengan suasana yang berbeda dari rumah akan memberikan hasil yang lebih optimal.

Kursus Bahasa Inggris Anak: Cara Efektif Bantu Anak Anda Menguasai Bahasa Inggris Lebih Mudah

Kursus bahasa Inggris anak biasanya juga akan menyediakan evaluasi kemajuan dan laporan perkembangan secara rutin, sehingga orang tua dapat memantau perkembangan anak-anak dalam mempelajari bahasa Inggris dan memberikan umpan balik yang diperlukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anak.

Namun, ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih kursus bahasa Inggris. Dengan begitu banyaknya tempat kursus bahasa Inggris yang ada, Anda mempunyai pilihan yang sangat luas. Pilihlah tempat kursus yang sesuai dengan anggaran keuangan keluarga Anda dan yang menyediakan jadwal yang tidak mengganggu kegiatan sehari-hari anak. Jangan lupa, Anda juga harus memperhatikan jarak dan waktu tempuh ke tempat kursus pilihan Anda untuk menghindari beban yang terlalu berat pada anak. Pastikan juga tempat kursus tersebut memiliki fasilitas dan lingkungan belajar yang kondusif, seperti ruang kelas yang nyaman, peralatan belajar yang memadai, dan lingkungan yang aman dan ramah anak. 

Yang tak kalah pentingnya adalah Anda harus memastikan kredibilitas lembaga kursus bahasa Inggris di mana Anda akan menitipkan anak-anak Anda untuk dididik dan dibimbing dengan baik untuk mempelajari bahasa Inggris.  Pilihlah tempat kursus yang memiliki kurikulum khusus untuk anak-anak dan memiliki guru-guru yang berpengalaman dalam mengajar bahasa Inggris kepada anak-anak. LB LIA memiliki program General English for Young Learners (GEYL) yang merupakan program yang dirancang khusus untuk anak usia Sekolah Dasar (6-12 tahun) dengan tujuan untuk mengenalkan bahasa Inggris kepada anak-anak untuk digunakan sehari-hari. Pelajaran diberikan secara komunikatif dan menyenangkan sehingga anak-anak merasa senang dan nyaman dalam mempelajari bahasa Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.