lblia.com

7 Alasan Mengapa Menjadi Penutur Multibahasa Dapat Meningkatkan Peluang Kerja

Perusahaan yang ingin go global tidak hanya membutuhkan karyawan multi-keterampilan, tetapi juga multibahasa dalam jajaran tenaga kerja mereka. Mempekerjakan orang yang dapat berkomunikasi dalam berbagai bahasa adalah strategi pertumbuhan yang cerdas untuk organisasi yang berpikiran global. Orang yang memiliki keterampilan komunikasi yang fasih dalam berbagai bahasa merupakan aset bagi banyak departemen di sebuah perusahaan – mulai dari penjualan, pemasaran, hingga pelayanan pelanggan.

Menjadi penutur multibahasa memberikan berbagai manfaat di pasar kerja. Jika Anda dapat berbicara dalam berbagai bahasa, maka karir dan kehidupan pribadi Anda dapat memperoleh beragam manfaat. Organisasi di berbagai belahan dunia saat ini telah sadar akan adanya keragaman budaya. Itulah sebabnya saat ini berbagai perusahaan mencari orang-orang potensial yang dapat memberikan lebih banyak kepada perusahaan dalam kaitannya dengan keragaman budaya. Dengan demikian, menjadi penutur multibahasa adalah faktor yang penting dalam prospek pekerjaan.

Kemampuan berbicara dalam berbagai bahasa memberi Anda keunggulan yang signifikan dalam persaingan di tempat kerja. Berikut adalah 7 alasan mengapa menjadi penutur multibahasa meningkatkan peluang Anda di dunia kerja:

Penutur multibahasa mampu menjembatani kesenjangan dalam komunikasi

1. Penutur multibahasa mampu menjembatani kesenjangan dalam komunikasi

Dalam hal memfasilitasi komunikasi lintas bahasa, karyawan dengan kemampuan multibahasa dapat memberikan dukungan besar dalam membangun hubungan yang kuat antara perusahaan dan konsumennya. Dengan memanfaatkan pengetahuan bahasa dan budaya dalam berinteraksi dengan klien dan pelanggan internasional, pekerja multibahasa mampu melihat dunia dari perspektif yang berbeda. Mereka dapat memahami budaya yang beragam dengan cara yang tidak mungkin dilakukan hanya dengan membaca buku. Mereka dapat menunjukkan empati kepada pelanggan, dan dapat memberikan informasi berharga kepada perusahaan tentang apa yang menjadi preferensi dan keinginan para konsumen.

Tidak terlalu berlebihan bila dikatakan bahwa karyawan dengan kemampuan multibahasa adalah duta terbaik perusahaan dalam menjangkau pelanggan dan dalam mengetahui apa yang pelanggan butuhkan dan inginkan.

2. Penutur multibahasa adalah pekerja yang sangat terampil

Dengan mempekerjakan karyawan dengan kemampuan multibahasa, perusahaan berinvestasi pada orang yang berkinerja tinggi. Banyak studi telah menunjukkan bahwa individu bilingual dapat beralih tugas dengan lebih cepat dan lebih mudah dibandingkan individu monolingual. Mereka lebih terlatih dalam memproses informasi secara efisien dan efektif. Keunggulan mereka dalam multitasking dan pemrosesan informasi ini sangat diminati di tempat kerja dan bermanfaat bagi berbagai bidang pekerjaan.

Lebih jauh lagi, dengan keterampilan dan pengalaman mereka, para pekerja multibahasa ini memiliki kesempatan untuk berkembang lebih cepat di lingkungan yang juga bergerak cepat. Karena mereka terbiasa berganti-ganti bahasa dan perspektif dengan cepat, mereka tidak terlalu terpengaruh oleh perubahan lingkungan. Mereka juga lebih terbuka terhadap pengalaman baru.

3. Penutur multibahasa berpeluang lebih besar bekerja di luar negeri

3. Penutur multibahasa berpeluang lebih besar bekerja di luar negeri

Jika Anda berminat untuk bekerja atau telah bekerja di perusahaan internasional, relokasi adalah hal yang sering tidak terelakkan. Karyawan baru yang direkrut atau karyawan yang dipromosikan dapat melakukan transisi yang lebih mudah ke negara lain, terutama jika mereka dapat berbicara dalam bahasa negara tuan rumah yang dituju. Mereka juga cenderung untuk lebih mudah menangani hal-hal administratif yang berperan besar dalam mempercepat proses integrasi pekerjaan. Kefasihan dalam bahasa negara tuan rumah pun akan sangat membantu mereka untuk lebih terlibat dalam aktivitas lokal, yang tentu saja akan membantu dalam meningkatkan kenyamanan mereka saat hidup di negara orang.

4. Penutur multibahasa memiliki fleksibilitas dalam memilih pekerjaan

Kemampuan multibahasa memberi Anda fleksibilitas yang lebih besar untuk bergerak di berbagai posisi dalam suatu organisasi. Di perusahaan dengan karyawan dan pelanggan yang beragam, Anda dapat menggabungkan kemampuan bahasa Anda dengan keterampilan lain untuk mengejar pekerjaan yang Anda inginkan.
Jika Anda memiliki pengalaman penjualan, misalnya, Anda dapat melihat lowongan di bidang penjualan di pasar yang membutuhkan pembicara dwibahasa. Peluang karir seperti penerjemah, pendidik, atau pemandu wisata, memberi penutur multibahasa kesempatan yang lebih besar untuk mengubah karir dan tempat kerja dibandingkan penutur monolingual. Perjalanan internasional juga merupakan bonus yang menyenangkan yang tersedia bagi para pekerja yang dapat berbicara dalam berbagai bahasa.

5. Penutur multibahasa memiliki soft-skill yang lebih berkembang

Seorang karyawan akan lebih mudah mengembangkan keterampilan interpersonalnya dan menjadi pendengar yang baik serta pemecah masalah bila dia belajar dan mengetahui cara berkomunikasi dalam sejumlah bahasa. Menjadi penutur multibahasa membantu Anda dalam mengurangi potensi kesalahpahaman. Hal tersebut dapat membantu Anda dalam menjalin hubungan yang lebih baik dengan orang lain.

6. Penutur multibahasa mampu melakukan fungsi eksekutif dengan lebih baik

6. Penutur multibahasa mampu melakukan fungsi eksekutif dengan lebih baik

Salah satu manfaat utama bilingualisme adalah meningkatkan fungsi eksekutif otak secara signifikan. Fungsi eksekutif ini sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Fungsi ini memainkan peran signifikan dalam banyak tugas sehari-hari kita, seperti dalam merencanakan, mengendalikan dan mengarahkan perhatian, mengatur emosi, dan lain sebagainya.

Berbicara bahasa asing, apakah itu bahasa kedua atau ketiga Anda, membutuhkan otak untuk bekerja ekstra keras. Hal tersebutlah yang mampu memperkuat fungsi eksekutif ini. Menyeimbangkan dua, tiga, atau lebih bahasa di otak Anda secara bersamaan bukanlah hal yang mudah, terutama karena bahasa-bahasa ini diaktifkan secara tidak sadar setiap kali Anda berbicara.

Salah satu dari banyak area yang dikendalikan oleh fungsi eksekutif otak adalah bagian otak yang bertanggung jawab untuk mengabaikan gangguan saat melakukan tugas. Bagian otak inilah yang semakin diperkuat ketika Anda berbicara dalam satu bahasa sambil mencegah adanya gangguan dari bahasa lain.

7. Penutur multibahasa adalah pengambil keputusan yang tidak terlalu emosional

7. Penutur multibahasa adalah pengambil keputusan yang tidak terlalu emosional

Ketika kita berbicara dalam bahasa yang kurang familiar, secara emosional kita akan berjarak dengan masalah yang sedang kita bicarakan. Dengan demikian, kita dapat mendekati pemecahan masalah dengan pengaruh emosional yang lebih sedikit, dan dengan analisis yang lebih objektif.

Begitu pula saat bernegosiasi. Keputusan yang lebih bermanfaat akan dapat dihasilkan jika negosiasi dilakukan dalam bahasa non-asli. Negosiasi yang intens biasanya menjadi sangat emosional, sehingga mengaburkan penilaian dan penalaran kita. Namun, jika kita lebih menjaga jarak secara emosional saat berkomunikasi, kita dapat melakukan negosiasi yang lebih efisien karena kita cenderung tidak larut dalam emosi (tidak bias).

Jadi, bila Anda adalah seorang penutur multibahasa, Anda tidak hanya akan memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan, tetapi Anda juga akan mendapatkan perspektif yang beragam tentang budaya. Perspektif yang luas ini akan membantu Anda dalam memprofilkan diri sebagai kandidat yang berperforma tinggi dan sadar budaya.

Segera persiapkan diri Anda untuk menjadi penutur multibahasa dengan mendaftar di Lembaga Bahasa terpercaya. Kunjungi www.lblia.com untuk mendapatkan informasinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Send this to a friend