lblia.com

Inilah Cara Menyebarkan Kebahagiaan (dan Mengapa Kamu Harus Mencobanya)

Tahukah kamu bahwa setiap tanggal 20 Maret diperingati sebagai International Day of Happiness?

Ya. Hari Kebahagiaan Internasional adalah hari peringatan internasional yang dicanangkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa dan mitranya, yaitu sebuah organisasi charity bernama Action for Happiness. Organisasi ini beranggotakan orang-orang dari 160 negara dan memiliki satu misi khusus, yaitu mengingatkan dunia bahwa menjadi bahagia adalah hak asasi setiap manusia dan oleh karenanya hal itu layak untuk dirayakan.

International Day of Happiness pertama kali diadakan pada 20 Maret 2013, setelah dikampanyekan selama beberapa tahun oleh penasihat PBB Jayme Illien. Gagasan Jayme Illien ini akhirnya secara resmi disetujui pada konferensi PBB pertama tentang Kebahagiaan yang diselenggarakan pada tanggal 12 Juli 2012. Perayaan pertama pun diluncurkan pada Maret 2013, oleh Ndaba Mandela dan Chelsea Clinton di acara konferensi TedXTeen di New York City. Penyanyi sekaligus penulis lagu Pharrell Williams pun turut memeriahkan acara tersebut dengan pemutaran video hit-nya, Happy, yang untuk pertama kalinya disiarkan secara live stream selama 24 jam.

Setiap orang memiliki definisi sendiri atas apa itu kebahagiaan dan hal-hal apa yang membuat mereka bahagia. Kebahagiaan erat kaitannya dengan merasa puas tanpa harus memalsukan perasaan kita. Menjadi diri yang bahagia adalah kunci untuk merasa puas dengan lingkungan kita.

Mungkin kamu selama ini merasa bahwa kebahagiaan itu hanya dapat kamu rasakan bila hal-hal di sekitarmu membuatmu bahagia. Well, sebetulnya kebahagiaan itu bisa kamu ciptakan sendiri loh! Tidak yakin bagaimana caranya? Di bawah ini ada 6 cara sederhana yang bisa membantumu untuk merasa bahagia:

Spread Happiness

1. Ambil 10 napas dalam-dalam

Mungkin terdengar sepele pada awalnya. Tapi percaya atau tidak, mencapai kebahagiaan itu bisa sesederhana mengambil 10 napas dalam-dalam. Yang kamu butuhkan hanyalah dua menit di ruang yang tenang, di mana kamu dapat meluangkan waktu untuk bernapas dan melepaskan semua kekhawatiranmu, dan dijamin kamu akan merasa segar kembali untuk hari yang akan datang.
Bernapas dalam-dalam akan mengirimkan pesan ke otak kita untuk menenangkan diri, sehingga otak kemudian akan bekerja untuk mengendurkan otot-otot yang tegang, yang pada akhirnya akan membantu kita untuk berpikir positif. Mengambil waktu sejenak untuk bernafas dapat mempengaruhi produktivitasmu dan memungkinkan ide-ide baru untuk dirumuskan secara alami oleh pikiranmu (bukan dengan paksaan).

2. Tersenyumlah

Hal ini juga terdengar klise, tapi senyum bisa menyebar seperti api. Jika kamu meluangkan waktu untuk tersenyum setiap hari, kamu akan melihat bahwa momen kecil positif itu dapat mempengaruhi seluruh harimu, dan bahkan berefek pada cara orang lain melihatmu.

Mirip dengan mengambil napas dalam-dalam, tersenyum akan menginduksi reaksi kimia yang membantu mengangkat suasana hati, menghilangkan stres, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tersenyum bisa membuat otak kita berpikir bahwa kita sedang bahagia. What a cool trick, isn’t it?

Jika kamu memulai hari dengan senyuman, kemungkinan besar kamu akan mendorong orang lain untuk bereaksi dengan cara yang sama. Siapa yang sangka tindakan sederhana seperti tersenyum bisa membuat begitu banyak perubahan ya?

3. Hargai dirimu sendiri

Kita tidak perlu menunggu orang lain untuk menghargai kita. Kita bisa menghargai diri kita sendiri dan mengapresiasi upaya yang sudah kita lakukan. Banyak dari kita terjebak dalam pola pikir persaingan dengan orang lain, sehingga kita sering tidak menghargai pencapaian kita dan cenderung untuk mengukur keberhasilan dengan cara membandingkan diri dengan orang lain.

Menghargai diri sendiri bisa sesederhana meyakini bahwa kamu layak untuk dihargai. Hal ini memang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi jika kamu terus berpikir positif tentang dirimu sendiri, perlahan-lahan kamu akan menciptakan mentalitas dan pandangan yang berbeda tentang diri kamu. Mencapai kebahagiaan dapat dimulai dengan mengapresiasi pencapaian diri sendiri. Jadi, jangan ragu untuk membelikan dirimu sendiri hadiah setelah berhasil menyelesaikan sebuah tugas yang kamu rasa cukup challenging. Kamu pantas kok menerimanya. You deserve it!

4. Letakkan ponselmu dan habiskan waktu dengan orang-orang tercinta

4. Letakkan ponselmu dan habiskan waktu dengan orang-orang tercinta

Kamu perlu meletakkan ponselmu dan meluangkan waktu untuk secara aktif terlibat dengan orang-orang di sekitarmu. Memupuk hubungan baik itu penting, karena hal itu sesungguhnya telah diprogram secara genetik pada manusia.

Kamu bisa memilih aktivitas atau bergaul dengan orang-orang yang benar-benar kamu sukai, dan lakukanlah itu bukan supaya media sosialmu terlihat bagus. Sangatlah penting untuk memiliki hubungan yang kuat dengan teman dan keluarga. Hal inilah yang pada akhirnya akan membantumu mencapai tingkat kebahagiaan tertinggi. Ingatlah, waktu bersama orang-orang terkasih sangatlah berharga.

5. Berolahragalah

Berolahraga tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan fisik, tetapi juga dapat mempengaruhi kesehatan mental. Olahraga akan memungkinkan lebih banyak oksigen untuk mencapai otak, yang pada akhirnya akan membantu mengurangi kecemasan dan depresi serta meningkatkan kebahagiaan.

6. Pelajari sesuatu yang baru

Belajar bukan hanya di sekolah. Kita semua terus belajar hal-hal baru apakah kita menyadarinya atau tidak. Mempelajari keterampilan atau pengetahuan baru akan selalu bermanfaat, walaupun kita kadang tidak tahu kapan hal itu akan berguna. Ketika kita mempelajari sesuatu yang baru, otak kita akan mendapatkan aliran dopamin yang akan membantu memotivasi kita untuk menyelesaikan sebuah tugas (biasanya karena kita tahu ada semacam imbalan setelah tugas tersebut kita selesaikan). Walaupun terkadang tidak ada imbalan “riil” yang tersedia, rasa puas yang kita alami (setelah menyelesaikan tugas) itu bisa merupakan hadiah yang menyenangkan bukan?

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kebahagiaan dapat menyebar dari satu orang ke orang lain. Saat kamu bahagia, orang-orang di sekitarmu juga cenderung bahagia. Dan ketika lingkaran sosialmu lebih bahagia, pada gilirannya mereka akan membantu “memunculkan” kebahagiaan di saat kamu memerlukannya. Inilah yang disebut lingkaran umpan balik positif, yang sifatnya menguntungkan semua orang.

6 cara yang bisa membantumu untuk merasa bahagia

Jika tadi kita sudah membahas 6 cara yang bisa membantumu untuk merasa bahagia, sekarang saatnya untuk mulai berusaha menyebarkan kebahagiaan. Berikut adalah 15 cara hebat untuk membantumu menyebarkan kebahagiaan kepada keluarga, teman, rekan kerja, dan bahkan orang asing di sekitarmu:

1. Gunakan sopan santunmu

Mengucapkan “tolong” dan “terima kasih” mungkin terdengar sederhana. Tetapi menggunakan sopan santun benar-benar dapat membuat perbedaan bagi seseorang. Ketika kamu turun dari bus atau angkot misalnya, ucapkanlah terima kasih kepada pengemudi dan tunjukkan dengan senyuman bahwa kamu menghargai layanan yang telah mereka berikan.

2. Bersikaplah ramah

Jika kamu melihat seseorang yang baru di sekolah, di tempat kerja, atau di lingkunganmu, bersikaplah lebih ramah kepada mereka. Sikap ramahmu bisa membuat perbedaan besar bagi seseorang (yang mungkin pemalu), dan senyum serta sapaanmu bisa saja menjadi awal dari persahabatan yang erat.

3. Berilah kritik yang membangun

Bila ada teman atau rekan kerja yang melakukan kesalahan, cobalah memberikan dukungan dalam bentuk nasihat dan bukan kritik yang berlebihan. Hal ini akan membantu meningkatkan kepercayaan diri mereka untuk melakukan hal-hal dengan lebih baik di masa yang akan datang. Dalam jangka panjang, pendekatan positif yang kamu gunakan itu akan membuat segalanya lebih mudah dan lebih menyenangkan, baik untuk dirimu sendiri maupun orang lain.

4. Tempatkanlah dirimu pada posisi orang lain

Sangatlah mudah untuk melihat hal-hal yang tidak baik atau salah ketika kamu melihat sesuatu hanya dari sudut pandangmu sendiri. Ketika kita tergoda untuk menghakimi orang lain, ada dua pertanyaan yang dapat membantu kita untuk melihat dan lebih memahami sudut pandang lain. Yang pertama, tanyakan kepada diri sendiri: “Bagaimana perasaan saya jika saya berada di posisinya?”. Yang kedua: “Bagian mana dari orang ini yang saya lihat ada pada diri saya?”. Temukanlah jawabannya terlebih dahulu sebelum kita melontarkan komentar negatif terhadap mereka yang kita pandang bersalah.

5. Bantulah orang lain melihat bagaimana cara membuat perbedaan dalam hidup mereka

Ketika kamu berbicara dengan seseorang tentang bagaimana hari mereka, atau tentang apa yang terjadi akhir-akhir ini, jangan lupa untuk menunjukkan kepada mereka bagaimana mereka telah menyebarkan kebaikan dan kebahagiaan kepada orang di sekitar mereka. Orang sering kali tidak menyadari hal-hal positif yang telah mereka lakukan, atau mungkin mereka terbiasa untuk mengecilkan hal tersebut dalam pikiran mereka sendiri. Jadi, bantulah mereka untuk melihat diri mereka secara lebih positif, hal ini akan membantu meningkatkan harga diri mereka.

6. Jadilah pendengar yang aktif

Ketika teman atau rekan kerjamu menceritakan masalah mereka, terkadang yang mereka inginkan hanyalah memiliki seseorang yang mau mendengarkan, benar-benar mendengarkan. Kamu tidak perlu selalu memberi nasihat atau mencoba menyelesaikan masalah. Dengarkan saja dan beri mereka ruang untuk curhat. Jika memang mereka memerlukan nasihat atau jalan keluar, berikanlah dengan rasa tulus dan tanpa penghakiman. Bantu mereka menemukan jalan keluar dari rasa takut, dan melihat situasi yang mereka hadapi dengan perspektif yang lebih konstruktif serta membumi.

7. Berikan pujian yang tulus

Cara mudah untuk membuat seseorang bahagia dan meningkatkan harga dirinya adalah dengan memberikan pujian yang tulus. Cobalah perhatikan sesuatu yang telah dicapai temanmu akhir-akhir ini, atau mungkin ada seorang temanmu yang sedang mencoba gaya rambut baru? Katakan padanya bahwa dia terlihat bersinar hari ini.

8. Berbagi makanan dengan orang lain
Siapa yang tidak suka menerima makanan? Menurut penelitian dari Universitas Oxford, orang-orang yang suka berbagi makanan lebih sering merasa bahagia dan puas. Studi tersebut juga menyebutkan bahwa lebih dari 75% peserta studi setuju bahwa berbagi makanan adalah cara yang baik untuk menyatukan orang.

9. Memberi tip dengan murah hati

Apakah kamu termasuk orang yang sering memesan makanan secara online dari aplikasi? Jika kamu sedang memiliki rezeki lebih, berilah tip yang lebih besar dari yang biasa kamu berikan kepada pengemudi yang mengantarkan makananmu. Atau lain kali jika kamu makan di luar, cobalah meninggalkan tip yang lebih besar sebagai ucapan terima kasihmu kepada orang yang telah melayanimu.

10. Buat seseorang tertawa

Tertawa adalah cara yang jitu untuk memperbaiki suasana hati seseorang dan mengubah cemberut menjadi senyuman. Kamu tidak harus menjadi seorang komedian untuk bisa membuat seseorang tertawa. Kirimi saja mereka meme atau video lucu. Jika ada seorang teman yang kamu tahu sedang bersedih atau menghadapi masalah, luangkan beberapa menit untuk meneruskan kepada mereka sebuah klip lucu dengan pesan yang menyenangkan.

11. Bagilah pengetahuanmu

Jika kamu memiliki sesuatu yang sangat kamu kuasai, misalnya Bahasa Inggris, keterampilan membuat kerajinan tangan atau membuat kue, kamu bisa mencoba mengadakan kelas informal gratis dan mengajari orang lain apa yang telah kamu pelajari. Pertukaran keterampilan adalah cara yang mudah untuk memberdayakan orang lain sekaligus menyebarkan kebahagiaan.

12. Berikanlah hadiah tanpa alasan khusus

Semua orang menyukai hadiah, apa pun itu bentuknya, dan hadiah tidak harus mahal. Saat kamu melihat sesuatu yang mengingatkanmu pada seseorang, belilah dan berikan kepada mereka. Itu akan sangat berarti bagi mereka karena itu menandakan bahwa kamu mengingat mereka.

13. Sumbangkan apa yang kamu bisa

Donasi tidak selalu harus berupa uang. Pilihlah pakaian yang tidak terpakai dari lemari pakaianmu, atau peralatan sekolah yang berlebih, dan sumbangkan kepada mereka yang memerlukannya. Sumbangan apa pun, besar atau kecil, akan sangat membantu seseorang dan itu akan membuatmu (dan mereka) merasa bahagia.

14. Tulis ulasan positif secara online

Hal ini mungkin tampak sederhana, tetapi menulis ulasan yang menarik untuk toko atau restoran favorit kamu secara online atau di media sosialmu dapat membuat perbedaan besar bagi bisnis kecil. Lakukanlah ini untuk mendukung usaha kecil dan bisnis lokal di daerahmu.

15. Tanam pohon

Menyebarkan kebahagiaan tidak terbatas hanya kepada orang loh. Bumi kita juga layak mendapatkan kebahagiaan dan kebaikan! Kamu dapat menanam pohon di halaman rumahmu jika masih tersedia lahannya, atau kamu bisa menanam beberapa tanaman rempah aromatik di dalam pot. Ada banyak cara untuk berkontribusi pada kesehatan planet kita, dan pada gilirannya hal itu akan membuat kita semua lebih bahagia.

Kebahagiaan menciptakan kebahagiaan. Kita semua telah dikaruniai kemampuan untuk menciptakan kebahagiaan dan kita bertanggung jawab untuk memelihara lingkungan yang bahagia di manapun kita berada. Dengan memilih untuk memiliki pandangan hidup yang positif dan berbagi kebaikan dengan orang-orang di sekitar kita, kita akan bisa menciptakan dunia yang lebih bahagia untuk dinikmati semua orang. So, stay happy and spread happiness!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Send this to a friend