Aku Bukan Sekedar Penggemar

Lebih dari sekedar penggemar? Die-hard fan yang rela berbuat apa saja demi sang idola? Bukan, kita tidak akan membahas bagaimana menjadi penggemar yang baik dan benar di sini, hehehe… Kali ini kita akan membahas cara melatih Bahasa Inggris kita secara lebih aktif tanpa harus pergi ke luar negeri atau bertemu langsung dengan orang asing. Lalu hubungannya dengan jadi penggemar apa? Yuk, baca terus.

Cara yang akan kita bahas ini mungkin sudah kamu lakukan, tapi mungkin kamu tidak menyadari bahwa Bahasa Inggris kamu sudah mengalami peningkatan karena hal itu. Atau kamu sudah melakukannya tapi kamu belum mengoptimalkannya karena belum menyadari bahwa hal itu bisa meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kamu secara cepat dan signifikan. Apa sih yang sedang dibicarakan ini? Menjadi anggota Fan Club! Tentu saja harus yang internasional ya, sehingga bahasa yang digunakan dalam berkomunikasi pun adalah Bahasa Inggris.

Saat ini hampir semua Fan Club sudah memiliki platform online, bahkan banyak Fan Club yang memiliki website dan biasanya juga ada discussion board-nya dalam website tersebut, dimana para penggemar bisa saling bertukar pesan, baik melalui public message board maupun direct chatting.

Di antara para penggemar sendiri biasanya juga akan terjalin komunikasi melalui media sosial, seperti di Facebook, Instagram atau Twitter. Di sinilah kamu bisa mengoptimalkan penggunaan Bahasa Inggrismu untuk berkomunikasi dengan sesama penggemar yang berasal dari berbagai penjuru dunia. Kalau kamu pengguna Twitter misalnya, aktiflah berinteraksi. Kamu bisa me-reply post seseorang, atau mengirim Direct Message misalnya. Kalau kamu baru bergabung dalam sebuah Fan Club, mulailah menjalin pertemanan dengan sesama penggemar. Alokasikan waktu sedikit lebih banyak untuk terlibat aktif di cuitan-cuitan yang kamu minati. Dengan cara ini, pertemanan lintas negara akan terbangun dengan sendirinya. 

Mungkin saat ini kamu masih berteman di dunia maya, tapi siapa tahu suatu saat kamu berkesempatan untuk pergi ke negara-negara dimana teman-teman dunia mayamu itu tinggal. Alangkah menyenangkannya mengeksplorasi suatu kota di luar negeri bersama local friends yang memiliki kesamaan minat dengan kita. Atau sebaliknya, bila teman-temanmu dari berbagai negara berkesempatan untuk datang ke kotamu, dengan bahasa Inggris yang sudah kamu latih secara aktif itu pastinya kamu bisa menjadi local guide yang lebih baik untuk mereka.

Bergabung dalam sebuah Fan Club internasional memang tidak berhubungan langsung dengan pembelajaran Bahasa Inggris. Juga tidak semua orang yang mahir berbahasa Inggris mau bergabung dalam sebuah Fan Club. Tapi kalau kamu sudah bergabung, atau tertarik untuk bergabung, gunakanlah kesempatan itu untuk sekaligus berlatih Bahasa Inggris secara aktif. Situasi yang riil dan otentik yang kamu rasakan dalam komunitas tersebut akan memicumu untuk menggunakan strategi alami dalam berkomunikasi. Dan kamu tahu tidak, strategi alami seperti ini adalah salah satu cara yang paling efektif loh dalam mempelajari bahasa. Luar biasa bukan?

Bila kamu merasa bahwa bahasa Inggrismu belum sempurna, tidak perlu minder. Mungkin juga teman-temanmu di komunitas tersebut banyak yang belum mahir dan masih belajar. Jadikan hal ini sebagai kesempatan untuk berlatih dan saling mengasah. Nikmati prosesnya dan syukurilah bonus istimewanya: kamu jadi punya teman-teman dari berbagai penjuru dunia loh! So, just express yourself and have fun!

By the way, yuk tulis pengalaman kamu menjadi anggota fan club internasional di kolom komentar. Ada merchandise menarik menanti kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to a friend