9 Tips Tetap Semangat Belajar Bahasa Inggris Secara Online

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini banyak orang yang sudah mulai merasa bosan harus terus tinggal di rumah karena wabah virus Covid-19 yang belum juga menunjukkan tanda-tanda segera mereda. But life goes on. Kita tidak mungkin menghentikan seluruh kegiatan kita begitu saja dan menyerah pada keadaan, bukan? Yang sudah bekerja harus tetap bekerja dengan segala adaptasi yang harus dilakukan, work from home adalah salah satu caranya. Demikian juga yang masih bersekolah maupun kuliah, mereka juga harus study from home dengan segala tantangannya.

Ketika kita stuck di rumah sepanjang hari, bisa jadi tidak mudah bagi kita untuk memotivasi diri sendiri agar terus memiliki semangat dalam belajar. Tapi lalu di penghujung hari sering kita merasa: “Aku sudah membuang waktuku. Harusnya aku bisa melakukan sesuatu yang bermanfaat”. Dengan waktu yang tersedia lebih banyak saat ini, sekarang adalah saat yang tepat untuk lebih serius belajar, termasuk dalam hal belajar Bahasa Inggris. 

Buat kalian yang sedang mengambil kursus Bahasa Inggris, hampir bisa dipastikan bahwa saat ini tempat kursus kalian mengubah metode pembelajarannya dari tatap muka di kelas menjadi daring atau online.

Di lingkungan belajar yang konvensional, kita terbiasa dengan kehadiran guru yang membimbing kita secara langsung untuk mencapai tujuan pembelajaran di setiap sesinya. Namun saat ini pembelajaran Bahasa Inggris kalian mungkin menghadapi tantangan dimana bimbingan dari guru tidak bisa dilakukan langsung secara tatap muka.

But don’t worry – di bawah ini ada 9 tips yang bisa membantumu tetap fokus dan semangat dalam belajar Bahasa Inggris secara online. 

1. Ingat selalu tujuanmu dalam belajar Bahasa Inggris

Mengapa kamu belajar Bahasa Inggris? Seperti kebanyakan orang, mungkin kamu punya alasan khusus, seperti mempersiapkan diri untuk belajar di negara yang berbahasa Inggris, atau untuk mendapatkan pekerjaan yang mengharuskan penguasaan Bahasa Inggris yang baik.

Kamu tahu alasanmu dalam belajar Bahasa Inggris, tapi akan sangat membantu kalau kamu dari waktu ke waktu juga mengingatkan dirimu sendiri mengapa kamu harus melakukan ini. Tulis tujuanmu belajar Bahasa Inggris pada secarik kertas dan tempelkan di atas meja belajarmu atau di tempat yang akan sering kamu lihat.

Tutup matamu dan bayangkan kamu adalah seorang English speaker. Kamu sedang ada dimana? Sedang berbicara dengan siapa? Apa yang sedang kamu bicarakan? Lakukan ini secara teratur, bisa sebulan sekali, untuk mengembalikan fokus dan mengisi ulang energimu.

2. Ciptakan rutinitas

Pernah dengar belajar untuk ujian dengan cara SKS alias Sistem Kebut Semalam? Jangan pernah melakukan hal itu ya. Belajar secara rutin walaupun tidak sedang menghadapi ujian telah terbukti dapat meningkatkan performa akademis, demikian juga dengan belajar Bahasa Inggris, apalagi secara online. Metode pembelajaran online secara tidak kamu sadari akan melatih kemandirianmu untuk lebih bertanggungjawab atas hasil pembelajaranmu sendiri.

Bagaimana cara menciptakan rutinitas yang dapat membantu proses pembelajaran Bahasa Inggris online menjadi lebih fokus dan terukur?

Bila kamu sudah bergabung dengan kursus Bahasa Inggris online, pastinya sudah ada jadwal belajar dari tempat kursus Bahasa Inggris online tersebut yang harus kamu ikuti, atau paling tidak jadwal yang kamu buat sendiri dan kamu dedikasikan untuk mengikuti kursus Bahasa Inggris online tersebut.

Lalu, di luar jadwal kursus, apa yang bisa kamu lakukan? Kamu harus membuat jadwal untuk belajar secara mandiri.    

Ketika kamu ingin menciptakan rutinitas untuk belajar Bahasa Inggris secara mandiri di rumah, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan berapa banyak waktu yang akan kamu dedikasikan untuk belajar setiap harinya. Ingat ya, fokusnya pada rutinitas, jadi walaupun kamu hanya punya waktu 1 jam saja, atau bahkan hanya 30 menit setiap harinya, yang penting kamu berkomitmen untuk melakukannya secara konsisten.  

Akan lebih baik jika kamu juga merencanakan apa yang akan kamu pelajari setiap harinya. Misalnya, Senin untuk Listening Skill,  Selasa untuk Speaking Skill, Rabu untuk Reading Skill, Kamis untuk Writing Skill, Jumat untuk Grammar dan Vocabulary. Atau tentu saja kamu bisa membuat rencana belajarmu berdasarkan kebutuhanmu sendiri sesuai dengan alokasi waktu yang telah kamu tetapkan.  

3. Buat target yang spesifik

Setelah kamu membuat jadwal belajar Bahasa Inggris setiap harinya, langkah berikutnya adalah membuat target-target yang lebih spesifik untuk kamu capai. Misalnya, kamu akan mempelajari dan menggunakan 3 kata baru setiap harinya, menonton paling tidak 1 video pendek berbahasa Inggris tanpa terjemahan, atau membaca selama 15 menit setiap hari dan menambahkan kosakata baru pada catatanmu.

Buat target yang cukup menantang tapi juga realistis untuk kamu capai sesuai kemampuanmu. Dengan melakukan hal ini, kamu akan merasakan bahwa kamu sudah mengalami kemajuan, dan hal tersebut tentu saja akan membuatmu termotivasi untuk terus belajar Bahasa Inggris.

One step at a time – you’ll get there before you know it.

4. Buatlah Study Diary

Satu cara yang sangat baik untuk membuat kamu terus termotivasi ketika belajar Bahasa Inggris secara online adalah dengan membuat Study Diary. Hal ini akan membuatmu keep track atas kemajuan-kemajuan yang telah kamu buat, dan kamu juga bisa melihat apakah latihan grammar, vocabulary, reading, listening, dan/atau yang lainnya sudah seimbang kamu lakukan. Kamu juga akan terbantu untuk menetapkan apa yang akan menjadi fokus latihan kamu berikutnya.

Study Diary juga bermanfaat untuk mencatat pertanyaan-pertanyaan yang ingin kamu ajukan ke gurumu ketika bertemu dengan mereka di sesi tatap muka online. Tapi yang mungkin paling penting adalah: di penghujung hari kamu bisa mencatat bahwa kamu telah melakukan sesuatu yang bermanfaat hari itu! You will love that feeling of accomplishment.

5. Berpikir positif membawa hasil positif

Meskipun terdengar agak abstrak, tapi apa yang kita pikirkan dan bagaimana kita berbicara kepada diri kita sendiri akan berpengaruh pada tindakan kita. Sebelum kamu mulai belajar, ingatlah apa tujuanmu melakukan hal tersebut, dan bayangkan dirimu mencapai tujuanmu itu. Lalu katakan pada dirimu sendiri bahwa latihan yang akan kamu selesaikan, atau target yang akan kamu capai hari itu, adalah sebuah langkah yang secara sadar kamu ambil untuk mencapai tujuanmu belajar Bahasa Inggris.  

6. Batasi waktu menatap layar

Bagaimana caranya membatasi waktu menatap layar komputer atau laptop padahal belajar Bahasa Inggrisnya online? Kalian pasti sudah banyak mendengar atau membaca kan, bahwa duduk berjam-jam menatap layar komputer atau laptop bisa berakibat kurang baik pada mata, postur tubuh, dan konsentrasi.

Sekalipun sedang belajar Bahasa Inggris secara online, ada kok cara untuk meningkatkan Bahasa Inggrismu tanpa harus menatap layar komputer atau laptop. Beberapa diantaranya adalah:

  • Membaca buku dalam Bahasa Inggris

Sebagai bagian dari rutinitas belajar Bahasa Inggrismu, bacalah dua atau tiga halaman setiap harinya. Pilihlah buku yang menggunakan Bahasa Inggris setingkat di atas kemampuanmu. Jangan memilih buku yang tingkat kesulitan Bahasa Inggrisnya jauh di atas kemampuanmu, nanti kamu frustasi sendiri karena lebih banyak tidak mengertinya.

Tulis juga kosakata yang baru buatmu dan carilah artinya di kamus lalu tulislah. Dengan begitu bukan hanya reading skill kamu yang akan meningkat tapi kamu juga menambah daftar kosakata baru.

  • Menulis dengan tangan

Menulis dengan tangan diyakini dapat meningkatkan daya ingat. Aktifitas fisik menggunakan tangan untuk menulis akan membantumu mengorganisasikan pikiran-pikiranmu dalam cara yang berbeda. Menulis akan memicu ‘deep processing’ yang menciptakan daya ingat yang lebih kuat akan materi yang ditulis.  

So, buatlah catatan grammar-mu dalam format yang mudah dibaca – gunakan pena dengan tinta berwarna-warni untuk meng-highlight verb tenses yang berbeda misalnya.

  • Mendengarkan podcast dalam Bahasa Inggris

Kamu bisa mendengarkan podcast dimanapun kamu berada atau sambil mengerjakan aktifitas lainnya. The BBC (British Broadcasting Corporation) memiliki seri podcast di Spotify untuk pembelajar Bahasa Inggris. Tapi kamu boleh juga mendengarkan podcast tentang apapun yang menarik minatmu asalkan dalam Bahasa Inggris ya.

7. Tetaplah aktif secara fisik

Di masa pandemi ini, berolahraga secara teratur menjadi semakin penting untuk tetap mempertahankan kondisi fisik yang prima. Selain itu, berolahraga juga dapat meningkatkan mood kita. Tapi apakah kamu tahu bahwa berolahraga dapat membantu kita menjadi lebih baik dalam belajar?  

Para peneliti di University of British Columbia menemukan bahwa orang yang berolahraga secara teratur memiliki volume otak yang lebih besar di area hippocampus, yang berhubungan dengan pembelajaran. Berolahraga teratur juga meningkatkan ukuran prefrontal cortex dan medial temporal cortex, kedua area ini berhubungan dengan pikiran dan daya ingat.

Sudah saatnya kamu memasukkan olahraga sebagai bagian dari kegiatan rutinmu agar kamu tetap berenergi dan dapat memusatkan perhatian dengan baik ketika kamu kembali ke meja belajarmu.

Satu lagi nih, ada banyak video latihan kebugaran yang seru-seru di Youtube, dan jika kamu memilih video dalam Bahasa Inggris, berarti kamu akan sekaligus berkesempatan untuk latihan listening skill dan mungkin mempelajari kosakata baru. Mantap kan, selain mendapatkan manfaat positif untuk kebugaran fisikmu, kamu juga sekaligus meningkatkan kekuatan otakmu!          

8. Tetaplah terhubung dengan komunitas belajarmu

Kok kayak kontradiktif ya dengan tips sebelumnya yang menyarankan kamu untuk membatasi waktu menatap layar komputer atau laptop? Terhubung dengan sesama pembelajar Bahasa Inggris dimanapun mereka berada, apakah itu teman sekelasmu di tempat kursus Bahasa Inggris online, atau teman dari akun-akun media sosial yang kontennya banyak membantumu  belajar Bahasa Inggris, sangat bisa membuatmu tetap termotivasi. Dengan tetap terhubung, kamu pastinya tidak akan merasa sendirian dalam perjalananmu untuk mencapai tujuan kamu belajar Bahasa Inggris.   

9. Rayakan keberhasilanmu

Terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah, ketika kamu sudah bekerja keras untuk mencapai target-target yang kamu tetapkan, jangan lupa untuk menghadiahi dirimu sendiri ya. Menonton dua episode sekaligus drama Korea favoritmu atau santai sejenak bermain video game, pasti akan segera memulihkan rasa penatmu dan mengisi kembali energimu.

Remember, rewards are great motivators!    

Nah, semoga setelah membaca artikel ini kalian menjadi yakin ya bahwa tidak terlalu sulit kok untuk tetap fokus dan termotivasi dalam belajar Bahasa Inggris walaupun kalian harus tetap di rumah saja. Pembelajaran Bahasa Inggris akan menjadi bagian dari kehidupan sehari-harimu jika kamu bisa mengatur dirimu dengan baik.

Konsisten dan rutin adalah kuncinya. Membuat kebiasaan baru biasanya membutuhkan waktu minimal satu bulan, so don’t give up! Dan perlu juga kamu ingat bahwa belajar Bahasa Inggris secara online di rumah bukan berarti kamu belajar sendirian loh.

Kalau kamu belum bergabung dengan kursus Bahasa Inggris online manapun, kamu bisa kunjungi www.lblia.com dan kamu bisa berkonsultasi mengenai kebutuhan Bahasa Inggrismu dengan konsultan yang berpengalaman.

Stay safe and healthy, and stay motivated!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Send this to a friend