fbpx

7 Tips Mempraktikkan Mindfulness Dalam Belajar Bahasa Inggris

Apakah kamu pernah mengalami pikiranmu berkelana kian kemari ketika sedang belajar Bahasa Inggris? Mungkin kamu sedang berusaha memahami The Third Conditional, tapi kenyataannya kamu malah memikirkan menu untuk makan siang nanti. Atau mungkin kamu sudah menyediakan waktu 30 menit untuk mempelajari kosakata baru, tapi kemudian separuh waktu yang sudah kamu alokasikan itu ternyata habis untuk menjawab pesan-pesan di WhatsApp. Kurangnya konsentrasi akan menghambat kemajuanmu dalam mempelajari apapun, termasuk ketika kamu belajar bahasa.    

Ketika pikiran kita tidak terbiasa atau tidak terlatih dalam berkonsentrasi, wajar saja jika kita mengalami kesulitan saat mencoba melakukannya dalam jangka waktu yang panjang. Sama seperti kita tidak bisa begitu saja mengikuti lomba lari marathon tanpa pernah latihan lari sama sekali. Mindfulness adalah teknik yang bisa membantu kita memusatkan perhatian sedemikian rupa sehingga kita bisa belajar Bahasa Inggris atau bahasa asing apapun dengan lebih baik dan lebih efektif.

Lalu, Apakah Mindfulness Itu?

Menurut Susan Peacock, seorang psikolog dan pelatih mindfulness dari Oxford Mindfulness Centre, mindfulness adalah momen kesadaran saat dimana kita berlatih membawa perhatian penuh untuk apapun yang kita lakukan pada saat itu.

Bagaimana Kita Berlatih Mindfulness?

Berhenti sejenak saat melakukan kegiatan rutin sehari-hari adalah cara termudah untuk mulai berlatih mindfulness. Saat kamu bangun di pagi hari, luangkan waktu beberapa menit untuk berdiam diri sebelum melakukan apapun. Nikmati lingkungan sekitarmu – sinar mentari, udara segar, kicauan burung, aroma bunga – dengan rasa syukur.

Kalau kamu mau berlatih lebih jauh lagi, kamu bisa menggunakan 10 menit dari waktumu untuk berlatih memperhatikan nafas. Teknik ini disebut breath awareness meditation. Ambil nafas dalam-dalam beberapa kali. Pusatkan perhatian pada nafasmu, pada udara yang mengalir masuk dan keluar dari lubang hidungmu. Jika muncul pikiran-pikiran yang mengalihkan perhatianmu, jangan berusaha untuk mengontrolnya, jangan pula biarkan hal tersebut membuatmu merasa gagal dalam berlatih. Cukup bawa kembali perhatianmu pada nafasmu.

Latihan pernafasan yang dilakukan secara teratur akan membantumu untuk dapat berkonsentrasi dalam waktu yang cukup panjang. Oleh sebab itu, kedisiplinanmu dalam berlatih pernafasan ini memiliki peran yang sangat besar. Selain itu, yang tak kalah penting adalah teknik dalam bernafas. Sangatlah penting untuk menarik nafas dalam-dalam saat kamu berlatih, sehingga kamu bisa meningkatkan pasokan oksigen ke dalam otak.       

Alternatif lain dalam melatih mindfulness secara lebih terstruktur adalah dengan teknik yang disebut sebagai body scan meditation. Caranya sangat sederhana: duduklah atau berbaringlah, lalu pusatkan perhatianmu pada bagian-bagian tubuhmu, dari ujung kaki hingga kepala (atau sebaliknya). Perhatikan perasaan dan pikiran yang muncul saat kamu melakukan scan terhadap seluruh bagian tubuhmu, tetapi jangan bereaksi.

Bagaimanakah Cara Mempraktikkan Mindfulness Untuk Membantu Belajar Bahasa Inggris Dengan Lebih Efektif?

    1. Berhenti sejenak

Ambil waktu sejenak untuk menjernihkan kepala dan persiapkan pikiranmu untuk belajar. Beralih dari satu kegiatan ke kegiatan lainnya, seperti misalnya dari menulis essay untuk pelajaran Bahasa Indonesia, ke latihan membaca cepat untuk persiapan tes IELTS™, adalah tugas yang lumayan berat untuk otak. So, ambil nafas dalam-dalam dan beri waktu sejenak untuk dirimu bersiap. Bila perlu, kamu bisa melakukan sedikit peregangan tubuh agar aliran darahmu lebih lancar.

    1. Jangan biarkan pikiranmu berkelana

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, tujuan akhir dari latihan mindfulness adalah untuk membantu kita berkonsentrasi pada hal yang sedang kita kerjakan saat itu. Pikiran manusia memang sangat mudah teralihkan, tetapi jika kamu tidak berupaya mengembalikan perhatianmu pada apa yang sedang kamu pelajari, kamu tidak akan dapat menyerap banyak dan upayamu akan menjadi tidak efisien. Beberapa studi menunjukkan bahwa sebagian orang harus melihat sebuah potongan informasi sampai beberapa kali sebelum bisa mengingatnya. Ketika pikiranmu fokus, kamu akan mengingat lebih banyak dan tidak harus mengulang proses penerimaan informasi sampai berkali-kali.

Mematikan telepon selular – atau paling tidak mengaturnya ke dalam silent mode – adalah salah satu upaya yang paling efektif untuk mempertahankan fokus pada apa yang sedang kita kerjakan. Jangan biarkan perhatianmu teralihkan oleh bunyi notifikasi dari telepon selularmu.  Ingat ya, multi-tasking, sebuah kemampuan untuk melakukan beberapa hal sekaligus dalam satu waktu, yang oleh beberapa orang dianggap sebagai sebuah keterampilan, pada kenyataannya tidaklah sehat. Dan kita sesungguhnya lebih efisien ketika hanya fokus pada mengerjakan satu hal saja di satu waktu tertentu.

    1. Jangan bereaksi

Tidak bereaksi bukan berarti kamu tidak boleh punya pikiran ya. Tidak bereaksi yang dimaksud di sini adalah saat kamu berhasil untuk tidak bereaksi terhadap pikiran-pikiran yang muncul saat sedang belajar. Jika kamu mendapati hal baru atau mengalami kesulitan untuk memahami materi tertentu, hindarilah reaksi seperti: “Ya ampun! Ini maksudnya apa sih, susah banget!! Aneh iihh, tulisan dan cara bacanya kenapa beda??” Yang sebaiknya kamu lakukan adalah menyadari bahwa kamu sedang dalam proses belajar dan bahwa dalam proses belajar itu kamu sedang menuju ke arah kemajuan yang bertahap. Jadi katakanlah pada dirimu sesuatu seperti: “Ini hal baru untukku, aku akan mencari tahu lebih jauh.”

    1. Jangan menghakimi

Bersikap tidak menghakimi adalah bagian esensial dari mindfulness. Dalam belajar apapun termasuk Bahasa Inggris, hal ini sangatlah penting. Jangan menghakimi dirimu karena kesalahan yang kamu buat. Seperti orang-orang lainnya yang juga sedang belajar, kamu pasti membuat kesalahan, dan itu adalah hal yang wajar. Belajarlah dari kesalahan tersebut, lalu teruslah melangkah. Berbaikhatilah pada dirimu sendiri, tidak perlu membandingkan dirimu dengan pembelajar lainnya. Sadarilah bahwa kamupun telah mencapai tingkat kemajuan tertentu.

Jangan pula menghakimi diri sendiri saat kehilangan konsentrasi. Yang paling penting adalah saat kamu menyadari bahwa konsentrasimu mulai buyar, segera kembalikan fokusmu pada pelajaran.

    1. Fokus pada apa yang harus dipelajari hari ini

Fokuskan pada hari ini saja. Bukan berarti kamu melupakan yang kamu pelajari kemarin, tetapi janganlah memikirkan apa yang kamu lakukan kemarin atau yang tidak sempat kamu lakukan kemarin. Dan jangan pula memikirkan apa yang perlu kamu pelajari besok. Tentukan tugas yang harus kamu lakukan hari ini dan tuntaskan. Tidak perlu terburu-buru menyelesaikan seluruh pelajaranmu, buatlah itu menjadi kegiatan berikutnya. Jangan berpikir: “Aahh!! Aku harus menghafal semua irregular verb forms.” Berpikirlah: “Hari ini aku akan mempelajari tiga irregular verb forms.” Inilah cara supaya kamu tidak merasa kewalahan.   

    1. Ucapkan terima kasih

Berterimakasihlah pada dirimu karena sudah bisa menyelesaikan pelajaran hari itu. Berterimakasihlah pada badanmu karena sudah bisa duduk tenang. Berterimakasihlah pada pikiranmu karena sudah mampu berkonsentrasi dan sudah membantumu mengetahui beberapa kata baru dalam Bahasa Inggris.    

    1. Tersenyumlah

Beberapa studi menunjukkan bahwa tersenyum bisa membawa kita pada sikap yang positif terhadap diri sendiri dan orang lain. Selain itu tersenyum juga bisa mengurangi tingkat stress.

Mindfulness membutuhkan latihan, namun dengan konsistensi, kamu akan bisa mempertahankan fokus untuk waktu yang lebih lama, belajar kosakata baru dengan lebih cepat, dan meningkatkan keterampilan menyimak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Send this to a friend