lblia.com

15 Cara Sederhana Memulai Tahun Baru dengan Energi Positif

“It will be a great year, full of dreams and enthusiasm. All you need is to be positive from the start and never change. Happy New Year.”

Kita baru beberapa hari saja memasuki tahun yang baru. Tahun yang pasti kita semua harapkan menjadi tahun yang jauh lebih baik, lebih membawa kebahagian dan kesuksesan setelah dua tahun terakhir kita mengalami keadaan yang sungguh tidak mudah. Beberapa di antara kita bahkan telah kehilangan orang-orang terdekat akibat pandemi virus Corona. Tapi kehidupan terus bergerak maju dan kita tidak boleh kehilangan sikap positif yang justru sangat diperlukan di saat-saat yang berat.

Memang bukan hal yang mudah untuk tetap positif. Hal tersebut bisa memudar ketika kita dibombardir dengan hal-hal negatif seperti kehilangan, kegagalan, kekecewaan, dan patah hati. Setiap tantangan yang kita hadapi akan memakan energi, ketahanan, dan dalam skala tertentu, keyakinan kita. Begitu energi positif terkuras, pesimisme perlahan mulai merayap masuk dan menguasai.

Berpikir positif adalah keadaan mental dan emosional dari pikiran yang berfokus pada kebaikan dan pengharapan akan hal yang baik. Mengembangkan dan mempertahankan energi positif tidak selalu mudah. Diperlukan upaya yang konsisten untuk memikirkan dan mengharapkan hal yang baik-baik (seperti kebahagiaan, kesehatan, dan kesuksesan), dan meyakini bahwa semua rintangan dan kesulitan yang dihadapi pada akhirnya akan dapat dilalui dengan hasil yang baik.  

Optimisme tidak berarti mengabaikan hal-hal yang negatif. Optimisme artinya memilih untuk fokus pada apa yang positif. Pikiran positif datang dari hati yang penuh keyakinan. Jika kamu ingin memulai tahun yang baru ini dengan energi positif, berikut adalah 15 cara sederhana yang dapat kamu lakukan untuk membantu menghidupkan kembali energi positifmu: 

15 cara sederhana
  1. Perkuat memorimu untuk informasi positif

Tahukah kamu bahwa kamu dapat meningkatkan kepositifanmu hanya dengan menghafal kata-kata yang positif? Ketika kamu memaksa otakmu untuk sering menggunakan kata-kata positif, kamu membuat kata-kata itu (dan maknanya) lebih mudah untuk diakses oleh otakmu dan diaktifkan oleh bawah sadarmu.

Tidak yakin kata-kata mana saja yang positif? Jangan khawatir. Para psikolog telah mengukur ribuan kata untuk menentukan seberapa positif dan negatif kata-kata tersebut. Diambil dari positive-words terdapat 25 kata dalam Bahasa Inggris yang paling positif untuk memotivasi dan meningkatkan perasaan bahagia, di antaranya adalah: serendipity (keberuntungan), epiphany (pencerahan), magnanimous (murah hati), dignity (harga diri), harmonious (harmonis), respect (menghormati), laughter (tawa), tranquility (ketenangan), smiling (tersenyum), hope (harapan), dan masih banyak lagi. 

Cara kita berkomunikasi memiliki pengaruh langsung terhadap energi yang kita keluarkan, jadi menggunakan kata-kata seperti cinta, solusi, bahagia, aman, dan kata-kata positif lainnya, akan menyalurkan semangat yang positif pula kepada orang lain.

  1. Jadikan dirimu prioritas
Jika kamu merasa baik tentang dirimu, akan lebih mudah untuk memproyeksikan kepuasan batin itu kepada dunia. Jagalah dirimu, dan biasakanlah untuk melakukan hal-hal kecil untuk perawatan diri yang dapat membuatmu merasa lebih baik. Hal ini akan membuat perbedaan besar dalam caramu membawakan diri.

3. Bedakan antara fakta dan pikiran

Sebagai manusia terkadang kita memiliki pemikiran yang kurang positif tentang diri kita sendiri. Apa yang bisa kita lakukan adalah mengatur ulang diri kita sendiri untuk memisahkan fakta dari pikiran. Sebagai contoh, faktanya adalah: saya berbeda pendapat dengan teman satu kelompok saya hari ini. Pikiran yang mungkin sering muncul di benak kita adalah: teman saya itu sekarang tidak menyukai saya.

Berfokus pada fakta membantu menjaga segala sesuatunya tetap dalam perspektif dan mencegahmu untuk percaya pada pikiran negatif itu.

4. Bersikap baik kepada diri sendiri

Saat kamu merasa sedih, kenali dan hargailah perasaanmu itu. Cobalah bersikap baik pada diri sendiri. Biarkan dirimu berpikir negatif saat kamu memerlukannya. Berpikir positif tidak selalu merupakan respon terbaik. Pikiran negatif terkadang memiliki manfaat juga. Saat kita sedih atau berduka, memikirkan hal yang negatif dan menunjukkan emosi yang diciptakan oleh pikiran tersebut membantu kita untuk mengkomunikasikan kepada orang lain bahwa kita sedang membutuhkan dukungan mereka.

Mencoba memaksakan pemikiran optimis di tengah gejolak emosi biasanya tidak akan berhasil dengan baik. Kebanyakan dari kita membutuhkan waktu untuk dapat mencari hikmah dan menemukan titik terang setelah mengalami situasi yang buruk, dan itu adalah hal yang wajar. Biarkan dirimu mengalami fase itu untuk sedikit meringankan beban, dan perlahan kamu akan melihat perubahan dalam proses berpikirmu.

15 Cara Sederhana Memulai Tahun Baru dengan Energi Positif

5. Tersenyumlah lebih banyak

Tersenyum adalah tindakan kecil yang dapat membuat perbedaan besar. Bahkan jika senyummu tidak terlalu tulus pada awalnya, kamu akan merasa lebih baik, menjadi lebih ramah, dan terlihat lebih terbuka kepada orang lain, yang pada akhirnya akan menarik energi positif kembali ke dirimu. Menemukan cara untuk membuat senyum di wajah orang lain akan mempengaruhimu sama seperti hal itu mempengaruhi mereka. Hal ini akan membantu menghilangkan fokusmu pada masalahmu, dan menjadikanmu sebuah kekuatan positif bagi kehidupan orang lain.

6. Banyak bersyukur

Salah satu cara melatih otak untuk fokus pada hal positif adalah dengan berlatih bersyukur. Syukur adalah ketika kita merasakan atau mengungkapkan rasa terima kasih atas apa saja (orang, benda, pengalaman) yang kita miliki. Ketika kita mengungkapkan rasa terima kasih di sekolah, kampus, atau tempat kerja, kita akan lebih mudah mendapatkan rasa hormat dan persahabatan dari orang-orang sekitar kita. Ketika kita berterima kasih kepada teman kita, mereka akan lebih murah hati dan baik kepada kita. Ketika kita mensyukuri hal-hal kecil dalam kehidupan kita sehari-hari, kita akan menemukan lebih banyak makna dan kepuasan dalam hidup kita.

7. Lihat sisi positif orang lain

Saat kamu berbicara dengan seseorang, pikirkan hal-hal yang kamu sukai atau hargai dari orang tersebut. Mereka akan merasakan getaran positif yang kamu arahkan ke mereka, menyalurkan energi yang sama kepada orang lain, dan bahkan mungkin memantulkannya kembali kepadamu.

15 Cara Sederhana Memulai Tahun Baru dengan Energi Positif

8. Berikan pujian

Memberikan pujian dan menunjukkan bahwa kamu menghargai seseorang, memiliki dua manfaat, yaitu membuat orang tersebut dan kamu sendiri merasa lebih baik. Setiap orang pantas mendapatkan perasaan itu. Berikanlah pengakuan ketika seseorang melakukan sesuatu yang kamu kagumi dan pujilah mereka.

9. Berlatih postur yang baik

Postur tubuhmu adalah indikasi nonverbal tentang bagaimana perasaanmu terhadap diri sendiri. Berdiri atau duduk tegak saat bertemu seseorang, membuka lengan atau bahumu ketika berinteraksi dengan orang lain akan mengirim sinyal kepada mereka bahwa kamu mudah didekati dan bahwa kamu menghargai mereka.

10. Berhenti mengecilkan keberhasilanmu

Kita memiliki kebiasaaan buruk untuk terus-menerus meremehkan kesuksesan kita dan tidak sepenuhnya menghargai keberhasilan kita sendiri. Kita mungkin sering mengatakan: “Siapa saja bisa melakukan ini” atau “Saya tidak seberhasil yang saya inginkan”. Saat mengatakan hal-hal seperti itu, kita sebenarnya telah gagal dalam menghargai diri sendiri. Alih-alih merayakan kesuksesan, kita malah mengecilkannya.

Saat kamu membaca artikel ini sampai titik ini pun sudah menunjukkan bahwa kamu sedang berusaha untuk meningkatkan kemampuanmu dalam berpikir positif. Ini juga adalah sebuah keberhasilan, loh! Jadi, catatlah kemenanganmu, dan untuk setiap kemenangan kecil, rayakanlah.

11. Nikmati saat-saat yang baik

Terlalu sering kita membiarkan saat-saat indah berlalu tanpa benar-benar merayakannya. Mungkin temanmu memberimu hadiah kecil atau membuatmu tertawa. Apakah kamu memperhatikan kesenangan tersebut dan menghargainya? Jika tidak (atau belum), mulailah memperhatikan dan menikmatinya. Menikmati berarti berpegang pada pikiran dan emosi baik yang kamu miliki. Kamu dapat tetap menikmati momen bahagia yang sudah berlalu dengan cara mempertahankan emosi positif yang kamu rasakan saat momen bahagia itu terjadi.

12. Berhenti berpikir All or Nothing (Semua Atau Tidak Sama Sekali)

Pemikiran all or nothing adalah ketika kita memandang situasi sebagai semuanya baik atau semuanya buruk. Hal ini adalah kebiasaan berpikir negatif yang sulit untuk diatasi. Selalu ada ruang untuk perbaikan, jadi janganlah berpikir bahwa kamu gagal total hanya karena kamu tidak sepenuhnya sukses dalam semua hal yang kamu harapkan. You win some; you lose some. That’s life.

15 cara sederhana

13. Istirahatkan mental

Kelelahan adalah silent killer dari kepositifan. Belajarlah untuk beristirahat saat keadaan menjadi sangat berat. Lakukan sesuatu yang membuat pikiranmu istirahat dari tantangan apapun yang kamu hadapi.

Salah satu caranya adalah dengan menikmati alam. Penelitian menunjukkan bahwa bersenang-senang di alam bebas dapat meningkatkan kesehatan manusia. Menghabiskan waktu di lingkungan alami yang tenang telah terbukti secara ilmiah dapat menurunkan tingkat stres, dan meningkatkan kinerja.

Cara beristirahat yang sangat penting tapi seringkali tidak diperhatikan adalah tidur. Penelitian telah menunjukkan bahwa kurang tidur memiliki efek signifikan pada kondisi mental seseorang. Para peneliti dari University of Pennsylvania menemukan bahwa subjek yang tidur kurang dari 5 jam setiap malam selama satu minggu merasa jauh lebih stres, marah, sedih, dan mengalami kelelahan mental. Sulit untuk mempertahankan pola pikir positif dalam kondisi seperti itu. Jadi, tidurlah!

Bernafas dalam-dalam juga merupakan cara yang disarankan untuk mengistirahatkan mental. Latihan pernapasan membantu mengeluarkan udara beracun dari tubuhmu dan mengisi ulang tubuhmu dan otakmu dengan udara segar. Hal ini akan menjernihkan pikiranmu dan membantumu untuk mendapatkan kembali kesegaran mental.

14. Bergaul dengan orang-orang positif

Penelitian menunjukkan bahwa stres itu menular dan semakin kamu mengelilingi dirimu dengan orang-orang yang stres, semakin besar kemungkinan kamu akan mengalami stres juga. Sebagaimana stres dan kenegatifan menular, kebahagiaan juga demikian.

Temukan teman (atau sekelompok kecil teman) yang positif. Ajak mereka ngobrol. Brainstorming dengan mereka akan membantumu menemukan ide-ide baru untuk membantumu menyelesaikan masalah. Mereka juga dapat memberimu dukungan emosional yang dibutuhkan saat kamu memerlukannya. Traktir mereka makan dan anggap saja itu sebagai terapi low budget.

15 Cara Sederhana Memulai Tahun Baru dengan Energi Positif

15. Jaga dirimu secara spiritual

Hal terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah memperhatikan dan berinvestasi dalam diri secara rohani. Perhatikan apa yang kamu makan, berolahragalah, dan tidur secara cukup. Hal-hal ini akan menjaga tubuh dan pikiran kita tetap fit dan berfungsi. Yang juga tak kalah penting adalah menjaga kesehatan mental dan keadaan pikiran.

Luangkan waktu untuk memberi makan jiwamu dan pertahankan hubungan pikiran-tubuh-jiwa yang kuat dengan terlibat dalam kegiatan-kegiatan kontemplatif seperti meditasi, doa, membaca materi spiritual, dan/atau melakukan ibadah.

Yuk, kita awali tahun baru ini dengan mulai memikirkan hal-hal kecil yang dapat kita lakukan untuk menyalurkan energi positif kepada orang lain. Bisa dimulai dengan senyuman, anggukan penyemangat, dan pujian atau ungkapan penghargaan. Seiring berjalannya waktu, hal ini akan bertumbuh menjadi kebiasaan dan kita akan dapat menikmati (dan menularkan) kehidupan yang lebih bahagia dan lebih memuaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Send this to a friend