Tempat Kursus Bahasa Korea

Tempat Kursus Bahasa Korea Memberi Keuntungan Dan Manfaat

Belajar bahasa asing selain bahasa Inggris cukup penting di zaman sekarang ini. Memiliki kemampuan dua bahasa saja rasanya tidak cukup. Oleh karena itu, salah satu bahasa yang saat ini cukup banyak digandrungi dan dipelajari adalah bahasa Korea. Tidak heran jika banyak bermunculan tempat kursus bahasa Korea di Indonesia saat ini.

Bahasa Korea merupakan bahasa dengan peringkat ke-17 yang paling sering dipakai di dunia. Meskipun penutur aslinya tidak terlalu banyak, yaitu hanya sekitar 80 jutaan orang, tetapi Korea tergolong negara maju yang turut memimpin ekonomi dunia dan memiliki peringkat ke-13 dengan ekonomi paling maju.

Sebenarnya, mempelajari bahasa Korea cukup mudah bagi orang Indonesia, karena karakter hurufnya merupakan kombinasi dari konsonan dan vokal, sama seperti bahasa Indonesia. Namun, perbedaan karakter antara romawi dan hangeul serta perbedaan struktur kalimat yang dipakai mungkin akan agak menyulitkan dan butuh ketekunan lebih. Karena pembelajarannya yang susah-susah-gampang inilah, tempat kursus bahasa Korea jadi lebih diperlukan.

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Karyawan

Nah, selain membantu dalam belajar bahasa Korea, tempat kursus bahasa Korea juga mampu memberikan manfaat dan keuntungan lainnya bagimu. Mau tahu apa saja manfaatnya? Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

  1. Mempertajam Otak dan Membuat Lebih Cerdas

Ternyata, menguasai beberapa bahasa sekaligus mampu meningkatkan kinerja otak dan membantu otak berkembang lebih cerdas. Hal ini tentu akan membuatmu semakin pintar. Bahkan, peningkatan kinerja otak dari kemampuan bilingual ini juga mampu mencegah penyakit demensia atau penyakit kepikunan lainnya di saat sudah semakin tua nanti.

Bahkan, sebuah penelitian mampu membuktikan jika kamu mampu menguasai lebih dari satu bahasa, otak akan terbiasa untuk sibuk memilih kosakata mana yang akan digunakan. Proses pemilihan ini diketahui mampi menguatkan kinerja sel-sel dalam otak yang berujung pada bertambahnya kepintaran.

Jadi terbukti, menguasai bahasa Korea dengan belajar di tempat kursus bahasa Korea mampu membuat otak lebih cerdas. Bahasa Korea yang sangat berbeda dari bahasa Inggris maupun Indonesia tentunya akan membuat otakmu bekerja lebih giat lagi dalam memilah kosakata yang perlu dikeluarkan.

  1. Membantu Memudahkan Belajar Bahasa Asing Lainnya

Bahasa Korea memiliki karakter huruf yang berbeda dari bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, yaitu karakter Hangeul. Mungkin, karena perbedaan bentuk karakter huruf ini, ketika mempelajarinya untuk pertama kali akan agak sulit. Namun, dengan bantuan tempat kursus bahasa Korea akan mempermudah dalam mempelajarinya.

Nah, jika sudah mampu menguasai Hangul dalam bahasa Korea, biasanya akan lebih mudah bagimu untuk belajar bahasa Jepang dengan Hiragana dan Katakananya, atau belajar bahasa Mandarin dengan huruf kanjinya. Hal ini biasanya terjadi karena otak akan lebih terbiasa menerima huruf dan bahasa yang asing ini.

  1. Membantu Meningkatkan Kemampuan untuk Mendapat Uang Tambahan

Ketika kursus bahasa Korea, kamu akan tahu bagaimana cara menerjemahkan, berbicara di depan umum, dan mempelajari juga budaya Korea. Kemampuan-kemampuan ini akan sangat berguna dalam mencari uang tambahan.

Sekarang, sudah banyak drama-drama Korea yang masuk ke Indonesia meskipun sebagian besar orang Indonesia tidak mengerti bahasa Korea. Oleh karena itu, jasa pembuat subtitle atau penerjemah dari bahasa Korea ke Indonesia sangat dibutuhkan dan mampu memberi uang tambahan.

Menguasai bahasa Korea juga dapat membuatmu menjadi seorang juru bicara bagi turis asing dari Korea atau bahkan bagi artis-artis Korea yang berkonser di Indonesia. Meski bukan pekerjaan yang rutin, namun pekerjaan-pekerjaan ini mampu menambah pundi-pundi uangmu, lho.

  1. Mempertajam Konsentrasi

Meski kadang tidak sadar, orang multilingual yang mengerti banyak bahasa biasanya lebih mudah menentukan bahasa yang sedang didengarnya. Hal ini membuat seorang multilingual mudah fokus dan tidak gampang terdistraksi dari hal yang sedang diperhatikan. Bisa dikatakan seorang multilingual memiliki konsentrasi yang tajam dan cukup detail pada pekerjaannya.

  1. Memperkaya Pengetahuan Baru

Belajar di tempat kursus bahasa Korea tidak hanya akan membantumu belajar bahasanya, melainkan juga budayanya. Tentunya hal ini dapat meningkatkan dan memperkaya pengetahuanmu dengan hal-hal baru dari kebudayaan Korea. Apalagi jika sudah mahir, kamu jadi bisa lebih leluasa mendapat pengetahuan baru dari membaca buku-buku yang hanya diterbitkan dalam bahasa Korea saja.

  1. Membantu Saat Travelling ke Korea

Ketika akan berjalan-jalan ke Korea, kamu akan bisa lebih mudah berkomunikasi di sana dengan kemahiran bahasa yang kamu dapatkan di tempat kursus. Hal ini juga bisa dibilang mampu menghemat pengeluaranmu saat travelling, sebab kamu tidak perlu menyewa jasa tour guide atau translator agar mampu berkomunikasi dengan para penduduk lokal.

  1. Memiliki Pandangan Baru Terhadap Dunia

Mempelajari bahasa dan kebudayaan Korea di tempat kursus akan membuatmu memiliki pandangan baru terhadap dunia. Sebab, kebudayaan Korea yang berbeda dari Indonesia pasti akan membuatmu lebih menghargai perbedaan dan memahami mengapa perbedaan tersebut muncul. Hal ini akan mengubah cara pandangmu terhadap dunia dan perbedaan yang ada di dalamnya.

Seseorang dengan kemampuan bahasa lebih dari satu biasanya lebih toleran terhadap perbedaan-perbedaan yang ada di sekelilingnya karena belajar dari perbedaan tersebut. Jadi, orang dengan kemampuan multilingual umumnya memiliki pemikiran yang lebih terbuka karena terbiasa melihat perbedaan di sekelilingnya dan justru belajar dari beragam perbedaan yang ada untuk menambah pengetahuannya.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Kepikunan

Penyakit kepikunan memiliki banyak jenisnya, beberapa di antaranya adalah demensia dan alzheimer. Namun, ternyata dua penyakit pikun ini dapat dihindari dengan cara belajar. Atau lebih tepatnya dengan belajar bahasa asing, yang salah satunya bahasa Korea bagi orang Indonesia.

Menurut penelitian, kemampuan multilingual berpengaruh dalam meningkatkan ketahanan seseorang terhadap kedua penyakit pikun tersebut. Penelitian ini telah dilakukan terhadap 44 lansia di California yang menguasai dua bahasa atau lebih, dan rata-rata lansia tersebut mengalami masa pikun lebih lambat beberapa tahun dibanding lansia yang hanya menguasai satu bahasa saja.

  1. Meningkatkan Kemungkinan Kuliah atau Bekerja di Korea

Sebagai salah satu negara maju, sudah bukan rahasia lagi jika sistem pendidikan di Korea juga bagus. Jadi, wajar jika banyak yang ingin melanjutkan kuliah di Korea untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Dengan menguasai bahasa Korea, tentunya akan lebih mudah bagimu untuk lolos seleksi masuknya.

Tidak hanya unggul dalam pendidikan, tetapi ekonomi Korea juga cukup baik sehingga banyak pekerja dari Indonesia yang berharap mendapat kesempatan bekerja di Korea. Dengan gaji dan kesejahteraan yang lebih tinggi, bekerja di Korea juga mampu meningkatkan rasa percaya diri karena sulit sekali untuk orang asing diterima bekerja di sana. Jadi, dengan mahir bahasa Korea peluang untuk bisa bekerja di Korea juga akan meningkat.

Tempat Kursus Bahasa Korea Di Indonesia Yang Bagus!

Jadi jangan ragu lagi untuk belajar dan menguasai bahasa Korea. Dengan banyaknya keuntungan dan manfaat yang kamu dapatkan, bahasa Korea menjadi bahasa asing yang cukup penting untuk dipelajari. Pasti tidak mau, kan, melewatkan beragam manfaat di atas? Nah, maka dari itu, ayo segera daftar di tempat kursus bahasa Korea dan jadilah mahir dalam bahasa ini sebelum terlambat!

Share this:

2 Responses

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked*