lblia.com

5 Keuntungan Belajar Bahasa Korea

Di era persaingan global seperti saat ini, memiliki kemahiran berbahasa asing pastinya akan memberikan banyak manfaat. Selain kemampuan berbahasa Inggris, kemampuan berbahasa asing lainnya tentu akan menambah nilai positif di portofolio kamu.

Lalu, bahasa asing apa saja sih yang bisa kamu pelajari? Well, jawabannya sederhana saja sih sebetulnya. Kamu bisa belajar bahasa asing apapun yang menarik minatmu, dan ketika kamu sudah mencapai tingkat kemahiran tertentu, kamu akan merasakan banyak manfaat. Dari mulai peningkatan kemampuan kognitif, perluasan wawasan dan pergaulan, penambahan nilai diri di mata perusahaan, sampai terbukanya kesempatan bagi kamu untuk menambah penghasilan dengan menjadi guru bahasa asing yang kamu kuasai. Luar biasa bukan?

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas beberapa keuntungan dari belajar Bahasa Korea. Kenapa Bahasa Korea ya? Well, bukan sekedar karena drama Korea lagi menjamur sih (walaupun hal ini bisa menjadi satu alasan menarik untuk belajar Bahasa Korea). Percaya atau tidak, ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dari mempelajari Bahasa Korea. Yuk, simak apa saja.

  1. Belajar Bahasa Korea Membantu Untuk Lebih Memahami Konteks Budaya Korea

Bahasa adalah bagian penting dari sebuah kebudayaan. Bagi kamu penggemar drama Korea, mempelajari Bahasa Korea pastinya akan membantumu mendapatkan pemahaman yang lebih dalam akan makna cerita dibandingkan dari sekedar teks alih bahasa yang kamu lihat di serial drama Korea yang rutin kamu tonton. Lelucon dari sebuah acara TV bisa jadi sulit untuk diterjemahkan ke dalam bahasa asing jika tidak dibarengi dengan pengetahuan tentang konteksnya. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa mempelajari Bahasa Korea dapat membantu kamu untuk lebih menikmati berbagai tayangan hiburan dari negeri ginseng itu.

  1. Belajar Bahasa Korea Memudahkan Jalan Untuk Meraih Pendidikan yang Berkualitas

Korea Selatan memiliki beberapa universitas hebat yang memiliki kekhususan studi tentang teknologi, beberapa di antaranya adalah Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) dan Pohang University of Science and Technology (POSTECH). Salah satu syarat mutlak untuk berkuliah di kampus-kampus tersebut adalah kemampuan berbahasa Korea yang tentunya akan sangat berpengaruh pada kehidupan perkuliahan di sana nantinya. Kita sudah melihat bagaimana negara ini mampu melahirkan merek-merek besar dengan teknologi yang diakui dunia.

  1. Belajar Bahasa Korea Membantu Mendapatkan Peluang Bisnis

Sejak lebih dari 5 tahun, tren perawatan kulit (skincare) dari Korea yang populer dengan istilah K-beauty, telah mendapat perhatian dari seluruh dunia. Teknologi dan inovasi pembuatan produk yang banyak menggunakan bahan-bahan alami ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang beralih ke produk K-beauty. Jika kamu tertarik dengan industri ini, belajar Bahasa Korea dapat membantu usaha kamu untuk menjalin kerja sama dengan banyak produsen skincare dari Korea. Hubungan kamu tentunya akan terjalin dengan lebih baik jika kamu dapat berkomunikasi dengan bahasa yang para produsen ini gunakan.

  1. Belajar Bahasa Korea Membuka Peluang Kerja yang Lebih Banyak

Tahukah kamu bahwa 10 perusahaan terbesar dari Korea Selatan menanamkan modalnya di Indonesia? Menurut data dari Badan Koordinasi Penanaman Modal, Korea Selatan merupakan negara ketiga terbesar yang berinvestasi di Indonesia setelah Singapura dan Jepang. Perusahaan-perusahaan besar seperti Samsung, LG, dan Pacific Place Indonesia telah menghasilkan investasi sebesar triliunan dolar AS, dan saat ini ada 2200 perusahaan Korea yang beroperasi di Indonesia (dikutip dari kompas.com dan tempo.co). Menguasai Bahasa Korea tentunya akan meningkatkan kesempatan kamu untuk memiliki karir yang baik di perusahaan-perusahaan Korea tersebut.

Di samping itu, kepopuleran K-pop di dunia, yang juga diikuti oleh K-movie dan K-drama, membuat kebutuhan akan teks alih bahasa menjadi sangat tinggi. 10 tahun lalu, teks alih bahasa banyak dikerjakan oleh penggemar K-movie dan K-drama secara sukarela. Kini, dengan banyaknya pilihan aplikasi menonton yang menyediakan beragam judul film atau serial Korea, jasa penerjemah menjadi sangat dibutuhkan. Menjadi penerjemah, dengan segala fleksibilitasnya, adalah pekerjaan yang menyenangkan untuk banyak orang.

Kalau kamu punya passion dalam mengajar, kamu juga bisa loh mengembangkan karir dalam dunia pendidikan Bahasa Korea bila kemampuan berbahasa Koreamu sudah mencapai tingkat yang mumpuni untuk menjadi guru. Kamu bisa bergabung dengan institusi pendidikan tertentu, atau kamu juga bisa mengembangkan usaha pelatihan bahasa sendiri.

  1. Belajar Bahasa Korea Meningkatkan Kemampuan Fungsi Otak

Belajar bahasa asing bisa menjadi salah satu cara untuk menstimulasi kerja otak yang dapat menjaga pikiran kita tetap aktif dan sehat. Bahasa Korea memiliki aksara sendiri, yaitu Hangeul, yang tentu akan melatih otak kita untuk bekerja secara aktif dalam upaya memahami kode-kode huruf tersebut. Namun, hal ini tidaklah sulit. Mayoritas orang dapat membaca Hangeul setelah mempelajarinya dalam satu hari saja. Keseruan mempelajari huruf Hangeul ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pembelajarnya.

Bagaimana Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Korea?

Tidak sedikit orang yang tertarik dengan Bahasa Korea memutuskan untuk belajar sendiri dengan mengandalkan video Youtube, Podcast, atau buku-buku yang tersedia di pasaran. Namun, jika bersungguh-sungguh ingin menguasai bahasa asing, keberadaan guru sangatlah penting. Banyak hal tentang budaya yang terkadang tidak tersampaikan di video-video materi online. Guru dapat menjelaskan konteks terkait sebuah ungkapan atau kalimat yang tentu akan membuat pengalaman belajar kamu menjadi lebih baik.

Jika selama ini kamu merasa mendapatkan pelajaran Bahasa Korea karena rajin menonton K-drama atau menyimak wawancara artis idola, sudah saatnya untuk kamu menaikkan levelnya dengan bergabung ke dalam kelas Bahasa Korea. Pastikan kamu memilih lembaga bahasa yang berkualitas yang memiliki rencana pembelajaran yang jelas dan guru yang berkualitas.

Nah, sudah jelas kan keuntungan apa saja yang bisa kamu dapatkan dari belajar Bahasa Korea, jadi tunggu apa lagi?

우리 같이 공부하자!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Send this to a friend