Bagaimana Memilih Tempat Kursus Bahasa Asing yang Paling Pas untuk Kita?

Kenapa yang paling pas? Kenapa bukan yang paling baik? Karena memilih tempat kursus bahasa asing harus mempertimbangkan beberapa hal yang pas dengan kebutuhan, situasi, dan kondisi kita masing-masing.

Mungkin kebanyakan orang hanya akan mempertimbangkan harga yang terjangkau, lokasi yang dekat dari rumah, sekolah, atau kantor, dan pengajar yang bule (jika yang dicari adalah kursus Bahasa Inggris). Apalagi kalau ditambah janji dalam waktu sebulan bisa langsung cas cis cus, sepertinya sudah tak perlu berpikir lama lagi ya untuk langsung mendaftar di tempat kursus tersebut.

Sah-sah saja menggunakan pertimbangan itu. Tapi sebenarnya ada beberapa hal lain yang perlu juga kamu jadikan bahan pertimbangan, seperti:

1. Tujuan mengambil kursus bahasa asing 

Apakah bahasa asing yang ingin kita pelajari ini diperlukan agar dapat berkomunikasi lebih baik di tempat kerja? Apakah kita perlu skor tertentu dari suatu tes kompetensi bahasa untuk keperluan sekolah? Apakah kita sedang mempersiapkan diri untuk bersekolah di negara tertentu dengan bahasa asing tertentu? Atau kita hanya ingin lebih fasih berbicara dalam bahasa asing tertentu untuk keperluan yang lebih umum?

Menentukan tujuan belajar dengan tepat sangat penting untuk menentukan jenis program yang akan kita ambil dan memilih tempat kursus bahasa asing yang menyediakan program tersebut. 

2. Durasi kursus

Waktu yang kita butuhkan untuk mempelajari suatu bahasa di tempat kursus dipengaruhi oleh 2 hal mendasar, yakni  kemampuan awal yang kita miliki pada saat kita memulai kursus, dan tingkat kemahiran yang ingin kita capai.

Untuk memberi gambaran mengenai durasi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah tingkatan dalam program pembelajaran bahasa, ada pedoman yang dapat dijadikan rujukan. Sebagai contoh dalam pembelajaran Bahasa Inggris, berikut adalah pedoman CEFR (Common European Framework of Reference) yang digunakan untuk menggambarkan tingkatan dalam pembelajaran bahasa dan durasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tiap tingkatan tersebut.

Language LevelLanguage Level in EnglishDuration in Learning (hours)
A1Beginner, Elementary70 – 100
A2Pre-Intermediate100 – 150
B1Intermediate150 – 200
B2Upper-Intermediate200
C1Advanced200
C2Proficiency300 – 400

 Unipage.net

Pedoman CEFR ini tidak terbatas untuk Bahasa Inggris saja tetapi juga bahasa-bahasa lain di Eropa, namun durasi waktu yang dibutuhkan di setiap tingkatannya bisa berbeda-beda antara bahasa yang satu dengan bahasa lainnya.

Dengan menggunakan referensi di atas kita bisa melihat bahwa semakin tinggi tingkat kemahiran yang ingin kita capai, semakin banyak waktu yang kita butuhkan dalam belajar. Kita justru harus lebih berhati-hati ketika ada tempat kursus bahasa asing yang menjanjikan bahwa siapapun bisa lancar berbicara dalam waktu yang sangat singkat bila belajar di tempat kursus tersebut. Jangan-jangan itu hanya taktik berjualannya saja.

Berbeda halnya jika kita mengambil kursus bahasa asing untuk tujuan khusus, misalnya untuk presentasi atau menulis laporan. Durasi program-program seperti ini biasanya hanya berkisar antara dua puluhan sampai empat puluhan jam saja. Hal ini karena peserta yang bisa mengikuti program tersebut harus sudah memiliki tingkat kemahiran tertentu.

3. Reputasi tempat kursus bahasa asing

Reputasi tentu perlu dipertimbangkan ketika kita memilih tempat kursus bahasa asing. Kita bisa membaca di forum-forum dan di media sosial, atau membaca review dari orang-orang yang pernah belajar di tempat yang akan kita tuju tersebut. Namun perlu juga diingat bahwa pengalaman belajar terkadang sifatnya sangat personal, apa yang dirasakan oleh seseorang belum tentu dirasakan juga oleh orang lain.

Yang tidak kalah pentingnya adalah mencari tahu tentang metode belajar, kurikulum, kualifikasi guru-guru, dan kondisi belajar di tempat kursus bahasa tersebut.

4. Kegiatan tambahan

Apabila suatu tempat kursus bahasa menyelenggarakan kegiatan tambahan yang bisa menambah kesuksesan kita dalam belajar, hal ini tentu patut dipertimbangkan juga.

Misalnya, kegiatan lomba antar siswa. Akan semakin menarik jika sebuah tempat kursus bahasa memiliki banyak gerai di banyak kota sehingga bisa menyelenggarakan lomba antar siswa tingkat nasional. Kegiatan lain yang juga bisa memberi nilai tambah misalnya mengunjungi tempat wisata dimana terdapat banyak wisatawan asing sehingga kita bisa mempraktekkan langsung bahasa yang sedang kita pelajari tersebut. Holiday camp juga merupakan salah satu kegiatan tambahan yang menarik dimana kamu dapat mengasah keterampilan berbahasamu sekaligus bersenang-senang!

Bonus untukmu yang sedang mempertimbangkan ikut kursus Bahasa Inggris

Analisalah kekuatan dan kelemahanmu. Ketika kamu sedang mempertimbangkan program apa yang ingin kamu ambil, mungkin kamu akan langsung tergoda untuk mengambil program conversation karena kamu tidak mau pusing belajar grammar. “Yang penting bisa ngomong”, begitu kebanyakan orang beralasan.

Tapi bisa jadi dalam hati kamu mengakui bahwa “Your English be to need better” (kalau menurutmu kalimat ini benar, please, segeralah mendaftar ke program General English di tempat kursus Bahasa Inggris yang paling pas buatmu). Peace! 😉

Bonus untuk semuanya

Setiap pembelajar memiliki gaya belajar masing-masing, oleh sebab itu pilihlah tempat kursus bahasa asing yang menciptakan lingkungan belajar yang personalized (lingkungan yang memperhatikan kebutuhan siswa per siswa, yang memberikan materi ajar serta tugas yang relevan dengan keseharian siswa, dan yang memberikan kesempatan pada siswa untuk mengerjakan tugas sesuai kesiapan masing-masing).

Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah metode pembelajaran. Carilah tempat kursus bahasa asing yang menerapkan cara belajar yang menyenangkan dan interaktif. Mengapa? Karena aktivitas kelas yang menyenangkan akan membuat siswa termotivasi untuk berpartisipasi. Kegiatan belajar yang fun akan membantu siswa mengingat pelajaran dengan lebih baik karena mereka menikmati proses belajarnya. Lalu, mengapa harus komunikatif dan interaktif? Karena metode komunikatif akan menolong siswa untuk menggunakan cara yang natural dalam mengakuisisi (memperoleh) bahasa, sehingga proses pembelajaran akan terjadi secara lebih efektif.

Mengikuti kursus dalam pembelajaran bahasa asing dapat memberikan landasan yang baik untuk pengembangan dan penyempurnaan keterampilan berbahasa. Namun, proses pembelajaran bahasa asing itu tidak selalu mudah, bahkan sering menuntut banyak waktu dan kesungguhan dari si pembelajar itu sendiri. Tanpa kerja keras akan sulit untuk mencapai hasil yang baik.

Tetap semangat dan semoga sukses ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to a friend