cara belajar bahasa mandarin

Cara Belajar Bahasa Mandarin yang Mudah dan Menyenangkan

Cina merupakan negara dengan penduduk terbanyak di dunia, yang berarti bahasanya yang merupakan bahasa Mandarin memiliki penutur asli paling banyak juga di dunia. Wajar jika bahasa ini dapat dipakai dan ditemukan di mana-mana bahkan hampir menyaingi bahasa Inggris. Salah satu yang terkena dampaknya adalah Indonesia, banyak bermunculan tempat kursus bahasa Mandarin sebagai tempat untuk membantu cara belajar bahasa Mandarin.

Sebenarnya beberapa cara belajar bahasa Mandarin di bawah ini merupakan hal-hal dasar. Namun, meski hanya hal dasar, bukan berarti cara ini dapat disepelekan. Mempelajarinya dengan baik dan benar tetap diperlukan agar kamu bisa sukses dan lancar berbahasa Mandarin. Oleh karena itu, simak caranya di bawah ini, yuk!

Mau Lantang Komunikasi Dengan Mandarin ?

  1. Kenali Nada dalam Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin merupakan bahasa yang memiliki nada untuk membedakan persepsi dari makna kata dan kalimat. Hal ini berarti, jika salah dalam penggunaan nada, maka arti yang diterima oleh pendengar akan berbeda dari apa yang penutur ucapkan. Dapat dikatakan bahwa mempelajari perbedaan nada penting agar dapat berbicara bahasa Mandarin dengan benar.

Di dalam bahasa Mandarin ada 4 jenis nada berbeda yang perlu dipelajari. Berikut penjelasan perbedaan keempat nada tersebut.

  • Nada satu dalam bahasa Mandarin merupakan nada tinggi atau datar. Dalam melafalkan nada ini kamu dapat mempertahankan nada untuk tetap datar tanpa peningkatan atau penurunan.
  • Nada dua disebut sebagai nada yang meningkat, sebab ketika harus melafalkan jenis nada ini, suaramu akan naik dari pengucapan dengan intonasi rendah yang kemudian meninggi.
  • Nada tiga disebut sebagai nada yang melengkung dari atas ke bawah lalu naik lagi ke atas. Nada satu ini mungkin agak cukup sulit untuk dipelajari dan dipraktekkan.
  • Nada empat merupakan nada yang menurun jika dilafalkan. Ketika mengucapkan kalimat dengan nada keempat, intonasi yang tadinya agak tinggi dilanjutkan dengan intonasi yang rendah.

Mungkin memang agak sulit untuk mempelajari nada-nada ini sendiri. Biasanya, nada-nada ini akan lebih mudah untuk diingat dengan meniru contoh dari guru atau tutor. Oleh sebab itulah tempat kursus bahasa Mandarin cukup penting untuk menguasai nada-nada ini.

  1. Pelajari dan Kuasai Pinyin

Pinyin merupakan ejaan dengan huruf latin dalam bahasa Mandarin. Negara Cina memiliki banyak suku sehingga menyebabkan perbedaan pengucapan antar satu daerah dengan daerah lainnya. Oleh karena itu, untuk memudahkan orang yang ingin belajar bahasa Mandarin, pemerintah Cina menciptakan sistem alfabet Mandarin dalam bentuk Latin yang disebut dengan pinyin.

Sistem alfabet ini mampu mewakili setiap hanzi agar lebih mudah dipelajari dan memudahkan sistem komunikasi serta menyatukan dan menyamakan bahasa semua suku bangsa di Cina. Cara belajar bahasa Mandarin dengan menggunakan sistem alfabet pinyin diketahui lebih mudah diingat dan dilafalkan. Apalagi jika dibarengi dengan les di tempat kursus bahasa Mandarin, pasti kemampuan bahasa satu ini akan melesat cepat.

Baca juga: tempat kursus bahasa korea

  1. Berlatih Menulis Menggunakan Bahasa Mandarin

Penting untuk melatih cara menulis dalam bahasa Mandarin. Sebab, salah satu bagian dari menguasai suatu bahasa adalah mampu menggunakannya dengan baik dan benar dalam bentuk lisan maupun tulisa. Oleh karena itu, cara belajar bahasa Mandarin yang satu ini sebaiknya dilakukan setiap hari.

Semakin sering seseorang berlatih menulis menggunakan bahasa Mandarin, kemampuan menulisnya akan cepat meningkat dan juga mampu membantu metode menghapalkan kosakata dan bagaimana penggunaannya dalam bahasa Mandarin.

  1. Berlatih dan Membiasakan Diri Mendengarkan Bahasa Mandarin

Cara belajar selanjutnya yang cukup penting adalah berlatih mendengarkan pembicaraan dalam bahasa Mandarin. Hal ini diperlukan agar pendengaranmu semakin peka terhadap pelafalan nada yang ada dalam bahasa Mandarin. Tentunya kemampuan satu ini harus dilatih sebaik mungkin agar tidak salah persepsi dalam memaknai pengucapan kalimat dalam bahasa Mandarin.

Berlatih dan membiasakan diri mendengarkan bahasa Mandarin bisa dilakukan di tempat kursus bahasa Mandarin. Namun, kamu juga dapat meningkatkan kemampuan dengan belajar sendiri dari mendengarkan lagu-lagu berbahasa mandarin, rekaman suara berbahasa Mandarin, atau juga menonton film-film dari Cina yang berbahasa Mandarin.

  1. Berlatihlah Menggunakan Bahasa Mandarin dalam Keseharian

Menggunakan bahasa Mandarin dalam keseharian akan membantumu dalam melancarkan kemampuan berbicara juga meningkatkan pengetahuan dalam kosakata yang digunakan. Jadi, cara belajar bahasa Mandarin yang satu ini cukup penting untuk dilakukan guna meningkatkan kemampuan berbahasamu.

Memang mungkin agak sulit untuk mempraktekkan bahasa Mandarin dalam keseharian, apalagi di Indonesia yang pengguna bahasa Mandarinnya belum terlalu banyak. Namun, hal ini tetap bisa kamu lakukan dengan berlatih di cermin atau berlatih ketika mengobrol sehari-hari dengan teman yang sama sama mempelajari bahasa ini di tempat kursus bahasa Mandarin.

Mengenal Beberapa Kosakata Bahasa China

Beberapa kosakata yang penting dan perlu digunakan dalam bahasa sehari-hari adalah beberapa kosakata berikut:

  • Ni hao” yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan “Halo.”

Untuk penulisan hurufnya dalam bahasa Mandarin akan berbentuk seperti ini -> 你好

  • Nǐ jiào shénme míngzì?” yang artinya adalah “Siapa nama Anda?”

Untuk penulisan hurufnya dalam bahasa Mandarin akan berbentuk seperti ini -> 你叫什么名字

  • Nǐ hǎo ma?” yang artinya adalah “Apa Kabar?”

Untuk penulisan hurufnya dalam bahasa Mandarin akan berbentuk seperti ini -> 你好吗?

  • Nǐ zài zuò shénme” yang dalam bahasa Indonesia diucapkan sebagai “Apa yang sedang Anda lakukan?”

Untuk penulisan hurufnya dalam bahasa Mandarin akan berbentuk seperti ini -> 你在做什么

  • Xièxiè” yang artinya adalah “Terima kasih.”

Untuk penulisan hurufnya dalam bahasa Mandarin akan berbentuk seperti ini -> 谢谢

  • Bié kèqì” yang artinya adalah “Sama-sama.”

Untuk penulisan hurufnya dalam bahasa Mandarin akan berbentuk seperti ini -> 别客气

  • Zǎoshang hǎo” yang artinya adalah “Selamat pagi.”

Untuk penulisan hurufnya dalam bahasa Mandarin akan berbentuk seperti ini -> 早上好

  • Xiàwǔ hǎo” yang artinya adalah “Selamat siang/sore.”

Untuk penulisan hurufnya dalam bahasa Mandarin akan berbentuk seperti ini -> 下午好

  • Wǎnshàng hǎo” yang artinya adalah “Selamat malam.”

Untuk penulisan hurufnya dalam bahasa Mandarin akan berbentuk seperti ini -> 晚上好

  • Nǐ zhè rén zěnme huí shì?” yang artinya adalah “Ada apa denganmu?”

Untuk penulisan hurufnya dalam bahasa Mandarin akan berbentuk seperti ini -> 这人怎么回事

  • Nǐ hái hǎo ma?” yang artinya adalah “Apakah kamu baik-baik saja?”

Untuk penulisan hurufnya dalam bahasa Mandarin akan berbentuk seperti ini -> 还好吗?

  • Wǒ hěn hǎo?” yang artinya adalah “Aku baik-baik saja.”

Untuk penulisan hurufnya dalam bahasa Mandarin akan berbentuk seperti ini -> 我很好

  • Zàijiàn?” yang artinya adalah “Selamat tinggal.”

Untuk penulisan hurufnya dalam bahasa Mandarin akan berbentuk seperti ini ->

  • Zhàogù zìjǐ” yang artinya adalah “Hati-hati.”

Untuk penulisan hurufnya dalam bahasa Mandarin akan berbentuk seperti ini -> 顾自己

Beberapa kosakata dasar di atas baiknya kamu hapalkan untuk melancarkan kemampuan bahasa Mandarin mu. Beberapa kosakata itu biasanya akan sering muncul dan berguna dalam percakapan bahasa Mandarin.

Mari Belajar Bahasa Mandarin Bersama Kami!

Selain beragam cara belajar bahasa Mandarin di atas, mengikuti les di tempat kursus bahasa Mandarin juga dapat membantu meningkatkan kemampuan bahasa Mandarinmu. Dengan beragam fasilitas yang ditawarkan dari tempat kursus bahasa Mandarin, biasanya kamu akan lebih cepat menguasai bahasa itu. Jadi, jika ingin menguasai bahasa Mandarin selain dengan cara di atas, sebaiknya ikutlah les bahasa Inggris di tempat kursus yang terpercaya.

Share this:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked*